Rabu, April 15, 2009

Guru Ekonomi Ikuti Pelatihan Subject Content


M Mushthafa, Sekretariat PPA

GULUK-GULUK—Setelah guru-guru pemegang materi Matematika dan Geografi tingkat SLTA di lingkungan PP Annuqayah awal Maret lalu mengikuti pelatihan subject content, Sabtu hingga Senin (11-13/4) kemarin giliran guru-guru Ekonomi yang mengikuti kegiatan serupa. Pelatihan subject content ini juga diselenggarakan dalam kerangka kegiatan Program Peningkatan Mutu Madrasah, kerja sama Pondok Pesantren Annuqayah dengan Sampoerna Foundation Jakarta.
Acara ini diselenggarakan di Balai Kesehatan Pondok Pesantren Annuqayah (BKPPA) dan diikuti oleh sembilan guru pemegang materi ekonomi. Sebenarnya guru-guru Ekonomi tingkat SLTA di Annuqayah semuanya berjumlah 18 orang, tetapi hanya sembilan orang yang bisa mengikuti kegiatan ini.
Pelatih pada kegiatan ini adalah H. Abdul Haris, pelatih dari Klub Guru Surabaya. Peserta memberikan apresiasi positif atas kegiatan pelatihan ini. “Pak Haris tidak saja menguasai materi Ekonomi, tetapi juga bisa menghubungkannya dengan konteks kekinian. Maklum, beliau juga praktisi,” tutur Asnawi Susanto, guru Ekonomi SMA Annuqayah. Asnawi juga menambahkan, bahwa Haris mampu menghubungkan materi Ekonomi dengan bidang atau wawasan keagamaan.
Saat pembukaan acara ini dilangsungkan pada hari Sabtu, K.H. A. Hanif Hasan menyatakan bahwa forum semacam ini sangat positif bagi para guru yang memang haus ilmu. “Apalagi ilmu Ekonomi berkembang sangat pesat. Termasuk tema Ekonomi Syari’ah yang belakangan ini marak dibicarakan,” tambahnya. Kiai Hanif berharap guru-guru yang mengikuti kegiatan ini dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya.
Selama tiga hari di Annuqayah, Haris juga sempat berbincang lepas dengan pengurus Annuqayah Business Center, untuk berbagi masalah pengelolaan unit usaha di pesantren.

Tidak ada komentar: