Minggu, September 18, 2011

Satukan Alumni dengan Akidah


Fandrik HS Putra, PPA Lubangsa

Guluk-Guluk—Jumat pagi (16/09) jam 07.30 WIB, rombongan bus Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) se-Eks Karesidenan Besuki dan Bali tiba di lingkungan Pondok Pesantren Annuqayah. Rombongan yang menggunakan tiga bus tersebut langsung turun parkir di depan Masjid Jamik Annuqayah.

Setibanya di Pesantren, beberapa alumni langsung turun dan menuju kompleks masing-masing tempat dulu mereka tinggal ketika masih aktif menjadi santri. Sebagian besar dari mereka adalah alumni PPA Lubangsa dan PPA Latee.

Pada jam 09.00 WIB seluruh alumni kembali berkumpul di Masjid Jamik Annuqayah guna melaksanakan acara inti, yaitu Silaturrahim dan Halal Bihalal IAA dengan Dewan Masyayikh PP Annuqayah. Acara tersebut dihadiri oleh Dewan Masyayikh, yakni K.H. A. Basyir AS., K.H. A. Warits Ilyas, dan K.H. Muqsith Idris, juga Ketua Pengurus PP Annuqayah (K.H. A. Hanif Hasan) dan Ketua Yayasan Annuqayah (H.A. Pandji Taufiq).

Acara tahunan IAA itu merupakan pertama kalinya diadakan di Annuqayah. Muhammad Halimi, salah satu anggota rombongan, mengungkapkan alasan bahwa untuk saat ini sudah kurang pantas jika Dewan Masyayikh yang harus jauh-jauh datang ke Jember, tempat biasanya acara dilangsungkan. Jarak tempuh perjalanan delapan jam Sumenep-Jember dirasa kurang baik mengingat kondisi kesehatan mereka saat ini.

“Beliau kan sudah sepuh-sepuh. Jadi, sekarang kami yang datang ke sini acabis kepada beliau. Di samping itu kita juga bisa bersilaturrahim dengan para santri dan bernostalgia,” ungkap alumni PPA Lubangsa asal Sukogidri, Ledok Ombo, Jember itu.

Pada acara tersebut, K.H. A. Warits Ilyas menyampaikan pesan kepada para alumni untuk terus membangun dan menyatukan ikatan batin dengan satu akidah sebagaimana yang telah diajarkan ketika masih aktif menjadi santri.

“Yakinlah bahwa yang dipelajari oleh saudara-saudara semua itu ketika masih santri adalah ajaran yang benar. Akidah yang telah diwarisi oleh para pendahulu kita hingga sekarang,” ungkapnya.

Banyaknya aliran atau ajaran yang tidak sesuai dengan akidah Ahlussunnah wal Jamaah yang banyak beredar di dunia pendidikan menjadi keresahan tersendiri sehingga beliau juga mengingatkan untuk berhati-hati memilih lembaga pendidikan bagi anak-anak mereka, utamanya bagi anak yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Usai acara, rombongan IAA langsung menuju kompleks Madrasah Ibtidaiyah guna beramah-tamah dengan pengurus PP Annuqayah dan pengurus Yayasan Annuqayah.

2 komentar:

barokah mengatakan...

assalamu'alaikum wr. wb.
salam silaturahmi, keluarga besar alumni annuqayah Bali mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1432 h minal aidin walfaizin mohon maaf lahir bathin, serta sukses pada acara silaturahmi dan halal bi halal alumni annuqayah ex keresidenan Besuki dan Bali jum'at kemarin, harapan kita kedepan kegiatan ini lebih ditingkatkan kembali sebagai wahana/ajang silaturahmi, secara pribadi saya sangat bersyukur dan senang diberi kehormatan untuk bersilaturahmi dengan para masyayikh yang ada di ponpes An nuqayah.
terimakasih dan wassalamu'alaikum wr.wb
h. soejono
jalan kebun raya 1 bedugul bali
cp. 081338667904 - 081999671965

M. Faizi mengatakan...

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuhu
Terima kasih, H. Soejono. Wah, ternyata ada alumni Annuqayah yang ada di Bali.