Sabtu, Januari 14, 2012

Mofies as-Shafie Begitu Menggiurkan

Husnul Khatimah Arief, PPA Latee II

Guluk-Guluk—Jum’at (06/01) yang lalu, beranda mushalla ar-Rahmah terlihat ramai. Sore itu para santri tampak menyemut di pojok kanan mushalla. Ada apa gerangan?

Ternyata, saat itu santri-santri di blok as-Shafie, salah satu blok di PP Annuqayah Latee II, sedang menunjukkan keuletannya di bidang tata boga. Hari itu adalah jadwal mereka mempersembahkan sajian kuliner untuk Latee II setelah sebelumnya dilakukan oleh blok-blok yang lain. Kali ini, as-Shafie mempersembahkan kue cokelat bernama mofies.

Bahan dasar mofies ini adalah pisang. Selain pisang, tepung, SP (soda kue), susu, telur, dan gula adalah bahan pelengkapnya. Cara membuat kue ini mudah dan sederhana. Hanya membutuhkan blender dan oven untuk menjadikannya matang.

Cara membuat adalah sebagai berikut. Pertama, susu dan pisang dihaluskan. Lalu telur dan gula dikocok sampai mengembang, dan kemudian tambahkan SP (soda kue). Selanjutnya, masukkan pisang yang sudah dihaluskan dan masukkan adonan dalam cup. Terakhir, panggang sampai masak dan menguning.

Novi Fajriatul Lailiyah, koordinator tata boga blok as-Shafie, mengatur kerja rekan-rekannya dengan baik. Satu orang ditugaskan mem-blender, dua orang menuangkan adonan dalam cup dan sisanya memasukkan kue dalam oven. Setelah semua selesai, kue terlihat cokelat kekuning-kuningan dan siap disajikan. Bentuknya sangat cantik. Apalagi mereka menyajikannya dengan jus melon.

Dalam kesempatan ini, mereka menghasilkan sekitar 50 kue. Beberapa kue diberikan pada pengurus bagian Pengembangan Bakat dan Keterampilan, Qurratul Farahah, untuk dibagikan pada pengurus Latee II, dan sisanya dijual pada santri Latee II yang ingin mencicipi kue ini seharga Rp 750.  Cukup murah memang, tapi rasanya tidak murahan.

“Rasanya manis dan lembut. Pisangnya sangat terasa di lidah,” tutur Qurratul Farahah setelah diperkenankan mencicipinya.

Musyayyadah, ketua pengurus PPA Latee II,  juga mengatakan hal yang sama “Enak. Masakan mereka berbeda dengan blok-blok sebelumnya. Kali ini manis. Saya kan suka yang manis-manis,” ujarnya dengan tersenyum.


Tidak ada komentar: