Minggu, Januari 18, 2009

Lubangsa Adakan Pengajian Kitab "Nazham Safinatus Sholah" Karangan Alm. Kiai Ilyas

Fandrik HS Putra, PPA Lubangsa

GULUK-GULUK—Ahad (18-01-2009) pagi, pukul 05.07 WIB (ba’da subuh) seluruh santri Lubangsa khusyuk mengikuti pengajian kitab. Tak ada yang terlihat mengantuk, apalagi sampai tertidur pada pagi itu, karena pengajian kitab kali ini dibacakan langsung oleh pengasuh PPA Lubangsa sendiri yakni Drs. K.H. A Warits Ilyas.
Kitab yang dibacakan adalah Kitab Nazham Safinatus Sholah karangan almarhum K.H. Moh. Ilyas Syarqawi, yakni ayahanda Kiai Warits sendiri. Menurut beliau, kitab yang mulanya ditulis dalam bentuk prosa lalu diubah menjadi bentuk puisi (nazham) tersebut masih sulit didapat. Para santri yang ingin memiliki kitab tersebut harus melapor pada pihak pengurus pesantren terlebih dahulu. Itu pun bukan aslinya, melainkan fotokopian.
Seluruh santri sangat bersemangat mengikuti pengajian kitab tersebut, sebab sangat jarang Pengasuh membimbing pengajian kitab secara langsung kepada santri. “Selama saya berada di sini (Lubangsa, red), saya belum pernah melihat Bapak Kiai membimbing langsung pengajian kitab seperti ini,” ungkap Noval, salah satu santri lubangsa yang telah tiga tahun berada di Lubangsa.
“Biasanya Pengasuh hanya membimbing pengajian kitab pada saat-saat tertentu saja, seperti di bulan Ramadhan,” ungkap Moh. Shofi Miftah, salah satu pengurus PPA Lubangsa.
Namun para santri sebelumnya agak dibuat kecewa oleh pihak pengurus pesantren karena stok foto kopian sangat sedikit dan masih banyak santri yang belum mendapatkannya. “Padahal saya langsung ke kantor pesantren tepat setelah bel jam belajar berbunyi tadi malam,” kata Rizki yang mengeluh karena tidak kebagian kitab. “Seharusnya pengurus meyediakan lebih banyak karena ini adalah pengajian kitab karangan salah satu masyayikh Annuqayah,” imbuhnya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Pengen juga mengikuti ajian kitab ini, dimana kami bisa mendapatkan kitabnya?

Thanks

Drs. H. Muhammad Muhsin Amir mengatakan...

Kitab Mandlumaturrisalah, nadlom kitab Safinatussholah disusun oleh KH. Moh. Ilyas bin Syarqowi kini telah di syarahi (penjelasan dengan bahasa arab lebih detil)oleh cucunya Drs. H. Muhammad Muhsin bin Amir bin Ilyas bin Syarqowi dengan judul: Fiqhul Ibadah terdiri dari 86 hal. Di samping itu telah disusun pula kitab karya KH. Mph. Ilyas lainnya di bidang ilmu Tauhid MANDLUMAH ARRISALAH dengan syarahnya berjudul: Lubbul Aqidah oleh Drs. Muhammad Muhsin Amir pula. Dan masih banyak kitab-kitab lainnya berbahasa Indonesia dan arab hingga 50 judul karya Drs. moh. muhsin Amir. Di antaranya Cara baca kitab kuning sistematis dan aplikatif.Yang berberminat, silahkan hubungi emil beliau dadduwi@gamil.com sekarang juga. dua kitab tersebut di atas telah ditashih oleh Drs. KH.A.Warits Ilyas dan KH. HAbibullah Kalabaan. Dua kitab tersebut sangat penting dikaji oleh santri Annuqayah... !

Unknown mengatakan...

Email Drs. KH. Muhammad Muhsin bin Amir bin Ilyas adalah: moh. muhsin.amir@gmail.com No. Telp. 0819999910077 Alamat rumah. Jl. Kh. Moh. Amir Ilyas Pon. Pes. Annuqayah Daerah Al Amir, Guluk-Giuluk Sumenep Madura69463 Bagi yang membutuhkan kitab Karangan KH. Moh. Ilyas yang telah di syarahi beliau, hubungi email atau telp. tersbut dan daatkan gratsi !