Sabtu, Januari 07, 2012

Komunitas Kreatif Baru Lahir di Latee II

Husnul Khatimah Arief, PPA Latee II

Guluk-Guluk—eL_De Collection “The Best Choice” resmi dibuka hari Ahad (01/01) yang lalu di PPA daerah Latee II, Guluk-Guluk, Sumenep. Latee II mengawali tahun dengan membentuk komunitas bernama eL_De Collection “The Best Choice”. Komunitas ini bergerak di bidang menjahit, menyulam dan membordir.

Inisiatif ini awalnya lahir dari Nashriyah Busadin, santri senior Latee II, yang kompeten di bidang menjahit. Menurut pengakuannya, ada kegelisahan dalam dirinya ketika ia melihat bakat dan potensi santri Latee II di bidang menjahit, membordir dan menyulam, namun tidak ada wadah yang bisa menampung mereka untuk mengaktualisasikan bakat tersebut.

Dengan dibantu empat anggotanya (Shatitin Nashihah, Kamilatus Shalihah, Qurratul Farahah dan Atiqairiyah), impian Mbak Nashri, panggilan akrab Nashriyah Busadin, akhirnya terwujud. eL_De Collection “The Best Choice” resmi dibuka.

Acara pembukaan diformat dengan sederhana, hanya melibatkan seluruh pengurus Latee II, pengurus Madrasah Diniyah Latee II, dan ketua blok. Pada pembukaan ini, Mbak Nashri yang merupakan koordinator menyampaikan tujuan digagasnya komunitas ini.

“Kami mempunyai tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang dengan diadakannya eL_De Collection “The Best Choice” ini,”  tuturnya dalam sambutan.

Tujuan jangka pendek yang ia maksud adalah keinginan untuk mengasah bakat dan kemampuan santri Latee II di bidang menjahit yang selama ini nyaris terlupakan dan terabaikan. Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah melahirkan jiwa-jiwa entrepreneur pada diri santri.

“Saya ingin sekali menjadikan santri mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang tua. Lebih-lebih bagi mereka yang tidak mampu. Dengan keterbatasan materi, saya ingin santri yang tidak mampu masih bisa mengenyam pendidikan sampai tuntas dengan biaya sendiri. Ya, salah satunya dengan cara ini: menjahit, membordir dan menyulam,” ungkapnya dengan nada tulus.

Pengasuh PPA Latee II, Ny. Hj. Umamah, langsung memberikan rekomendasi setelah Mbak Nashri menyampaikan idenya. Bahkan, beliau tak segan-segan memberi tempat khusus bagi komunitas ini untuk berkreativitas, yaitu bertempat di sebelah timur kantor Madrasah Diniyah Latee II.

Nama komunitas ini, eL_De Collection“The Best Choice”, didasarkan atas rencana untuk menjadikannya sebagai merk bagi pakaian yang nanti dihasilkan anggota.

“eL-De Collection ini memang akan menjadi nama merk produk kami. eL_De Collection maksudnya koleksi Latee II. Makanya, saya memimpikan kelak proyek ini terus berlanjut hingga menjadi proyek besar dan bisa menghasilkan pendapatan untuk pesantren dan santri sendiri,” terang Mbak Nashri ketika ditanya tentang asal-muasal penamaan komunitas ini.

Untuk saat ini, komunitas ini hanya akan menerima 3-6 orang anggota, karena aktivitas menjahit, membordir dan menyulam memang bukan pekerjaan mudah. Butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi dalam mengerjakannya dan proses bimbingannya.

Kemunculan komunitas ini pada pertengahan periode kepengurusan memang agak mengejutkan mayoritas santri Latee II. Ketidaktahuan santri tentang keberadaan komunitas ini adalah wajar, karena memang belum ada sosialisasi dari pihak eL_De Collection pada santri umumnya. Seperti disampaikan sebelumnya, acara peresmian komunitas ini hanya melibatkan beberapa orang tertentu.

“Komunitas ini muncul di pertengahan periode, karena idenya memang baru muncul sekarang. Tapi untuk periode selanjutnya, komunitas ini akan masuk pada struktur kepengurusan Latee II, melengkapi komunitas yang lain yang sudah ada di Latee II, seperti Jam’iyyah Tahfidhul Qur’an, Raudlatul Lughah al-Arabiyyah, Aphrodite English Club, Forum Lingkar Pena, dan sebagainya,” ungkap Mbak Nashri seraya tersenyum.


Tidak ada komentar: