Kamis, Januari 19, 2012

Class Meeting MA 1 A Pi Resmi Dibuka


Husnul Khatimah Arief, PPA Latee II

Guluk-GulukSeperti tahun-tahun sebelumnya, MA 1 Annuqayah Putri (MA 1 A Pi) menggelar Class Meeting yang merupakan kegiatan tahunan pengurus OSIS. Senin Kemarin (16/1), Class Meeting MA 1 A Pi resmi dibuka.  Acara ini dibuka langsung oleh kepala MA 1 A Pi, K.H. Muhammad Muhsin Amir, dengan simbol pelepasan sembilan balon.

Banyak siswa yang mengakui bahwa Class Meeting kali ini terlihat lebih meriah dan atraktif daripada Haflatul Imtihan Madrasah Annuqayah (HIMA). Hal itu bisa dilihat dari banyaknya lomba yang ditawarkan oleh panitia. Jika tahun sebelumnya hanya terdapat 33 lomba, kali ini panitia menyediakan 36 lomba dari berbagai jenis, mulai dari lomba yang berbau game sampai pada lomba yang berhaluan edukasi.

Di antaranya: lomba Alih 3 Bahasa, Debat 3 Bahasa, Renfil (resensi film), LKT, Pidato 3 Bahasa, Ranking 1, Shalawat in Poom, Gambus Sharfiyah, Ibarah Tematik, Mudhi’ah (presenter), Hifdzu al-Fiyah, Hifdzu al-Quran (Juz ‘amma), Syarhil Quran, Cipta Puisi, Mading Tiga Dimensi, MA i A Pi Arsitek Building, Hand Skill, Botol Ikat dan sebagainya. Dari 36 lomba yang ada, lomba mayoritas bergenre edukasi.

Dari banyaknya lomba yang disediakan, Class Meeting ini akan dilaksanakan selama sebelas hari, terhitung sejak tanggal 16-26 Januari. Acara yang banyak memakan waktu ini tidak lantas mengganggu aktivitas belajar mengajar di MA 1 Annuqayah Putri, karena pelaksanaan acara dimulai pada jam 13.00-17.00 WIB setelah kegiatan belajar mengajar selesai. Dalam hal ini, K. Muhsin Amir, Kepala MA 1 Annuqayah Putri, dalam sambutannya mengharapkan agar Class Meeting tidak sampai mengganggu proses belajar-mengajar. Siswa harus mampu membagi waktu secara proporsional antara mengikuti lomba dan masuk kelas.

“Class Meeting adalah ajang kreativitas bagi siswa. Siswa harus berani menunjukkan kreativitas yang dimilikinya. Ini adalah proses awal bagi siswa untuk menemukan kelebihan yang terdapat dalam dirinya. Tetapi saya mengharap acara ini tidak mengganggu proses belajar-mengajar di lembaga ini,” ungkapnya dalam sambutan.

Dalam kesempatan itu pula, lomba langsung dimulai usai acara pembukaan, yaitu sekitar jam 14.00 WIB. lomba yang berlangsung waktu itu adalah Kaligrafi, Debat Bahasa Indonesia dan Mudhi’ah. Pada awalnya, lomba yang akan digelar sebanyak empat lomba, yaitu Kaligrafi, Debat Bahasa Indonesia, Mudhi’ah dan presenter. Tetapi, karena salah satu juri dalam lomba presenter ini berhalangan hadir, maka lomba ditunda sampai keesokan harinya.

Meski demikian, acara ini tetap berjalan dengan baik dan lancar. Ada kepuasan tersendiri yang dirasakan oleh panitia pada saat pembukaan ini berlangsung. Hal ini diakui oleh Alfin Maghfirah, ketua panitia, ketika ditemui di arena lomba usai acara.

“Kami merasa puas dengan pembukaan ini. Apalagi, Kepala Sekolah berkenan hadir untuk membuka acara. Kami lihat siswa tampak bergairah mengikuti lomba. Lomba-lomba yang kami sediakan mendapat apresiasi luar biasa dari mereka. Barangkali, ini disebabkan dari banyaknya lomba yang bersifat edukatif,” tutur Alfin, sapaan akrab Alfin Maghfirah.

Kemeriahan acara ini juga terlihat dari banyaknya suporter yang hadir untuk mendukung teman-temannya yang tengah mengikuti lomba. Terlebih, siswa yang mengikuti acara ini adalah para siswa dari empat jurusan yang ada, yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa dan Keagamaan. Tentu saja mereka saling berkompetisi untuk menjadi juara umum.

Halaman MA 1 Annuqayah putri terdengar ramai ketika suara password dan sorak sorai penonton membahana saat salah satu delegasi dari mereka tampil di panggung. Mereka berupaya menyalurkan energi semangat pada temannya yang sedang menunjukkan kreativitasnya. Sebagaimana yang disebutkan tadi, rasa antusiasme ini sangat dipicu oleh keinginan kuat untuk merebut juara umum.

1 komentar:

Ibnu Amir mengatakan...

PON. PES. ANNUQAYAH DAERAH AL AMIR, MULAI HARI SELASA, 02 S/D0 8 MARET 2012 MEMBUKA PENDAFTARAN DIKLAT KILAT BACA KITAB ARAB TEPAT (BaKAT) YANG AKAN DILAKSANAKAN MULAI HARI RABU, 10 MARET 2012 SELAMA DUA BULAN, 3 (TIGA) KALI PERTEMUAN DALAM SEPEKAN. DI ANTARA SYARATNYA ADALAH PESERTA KELAS II ATAU III MTs ATAU KELAS I ATAU II MA. BILA BERMINAT, SILAKAN DATANG KE AL AMIR UNTUK MENGISI FORMULIR PENDAFTARAN. UANG PENDAFTARAN HANYA 25 RIBU SAJA. PEMBUKAAN DILAKSANAKAN TANGGAL 10 MARET, SEMUA PESERTA WAJIB HADIR UNTUK MENGAMBIL JADWAL SEKALIGUS AKAN DI ADAKAN PENGKLASIFIKASIAN, BILA PESERTA MELEBIHI DARI 25 ORANG. METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN DALAM DIKLAT INI MENGUTAMAKAN PADA PRAKTIK DARI PADA TEORITIK. TEORI HANYA DISAMPAIKAN DALAM WAKTU TERBATAS SAJA. REFERENSI POKOK/WAJIB ADALAH KITAB MANZILAH DAN KITAB FATHUL QORIEB. INSYA ALLAH DALAM WAKTU 24 KALI TATAP MUKA DIHARAPKAN PESERTA BISA MEMBACA, MEMAHAMI DAN HAFAL TERHADAP KAIDAH-KAIDAH NAHWIYAH DAN SHORFIYAH. METODE PEMBELAJARAN INI BERNAMA METODE " SAE " (SISTEMATIS, APLIKATIF DAN EVISIEN). MARI IKUTI PROGRAM INI, MUMPUNG ADA KESEMPATAN DAN BELUM TERLAMBAT. TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA.

TAMBAHAN, BILA ADA DI ANTARA SISWA ATAU SISWI YANG INGIN TAHU MENULIS KALIMAT-KALIMAT ARAB YANG BENAR DAN SESUAI DENGAN KAIDAHNYA, PENGURUS AL AMIR INSYA ALLAH SIAP MELAYANI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.

PENGUMUMAN INI DISAMPAIKAN ATAS PERSETUJUAN DRS. KH. MUHAMMAD MUHSIN AMIR, PENGASUH PON PES. ANNUQAYAH DAERAH AL AMIR SEKALIGUS KEPALA MA I ANNUQAYAH PUTRI. SYUKRON !