Rabu, Januari 04, 2012

Semarak Pembukaan Aktivitas Mahasiswa (PAM)


Instika Guluk-Guluk, Jum'at (29/12) seluruh kegiatan yang diprogramkan Badan Ekskutif Mahasiswa Intitut (BEMI) Putri Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-guluk Sumenep secara resmi dibuka oleh Pembantu Rektor III Instika, H. Moh. Husnan A. Nafi', S.Ag. pada jam 08:53 WIB dengan pembacaan surat Al-Fatihah dan Surat An-Nasr. Penyelenggara kegiatan ini adalah BEMI yang dimulai sejak pukul 08:24 WIB.

Acara tersebut ditempatkan di aula utama Instika putri dengan rangkaian acara;  pembukaan oleh MC, Umdatul Kamaliyah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Hanida, prakata panitia oleh Ketua panitia, Tinniyah, dan sambutan presma BEMI Puteri, Rasyiatul Ma'rifah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor Instika yang diwakili oleh  H. Moh. Husnan A. Nafi', S.Ag. selaku PR III.

Acara PAM kali ini berlangsung sangat meriah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selain dihadiri para undangan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang meliputi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dan Pramuka, juga dari mahasiswa yang jumlahnya 68 orang, dan yang biasanya didominasi mahasiswa santri tapi sekarang mahasiswa luar pesantren  juga tak kalah banyaknya.

"Pembukaan aktivitas mahasiswa  sekarang jauh lebih semarak dari sebelumnya. Dan berharap lebih berwarna. Kalau kemaren yang mendomisi adalah mahasiswa santri, tapi sekarang mahasiswa kalong (luar pesantren. red) tidak mau kalah" ungkap Ifa, sapaan Presma Puteri ini di hadapan mahasiswa yang hadir.

Setelah penutupan acara PAM, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Program Kerja BEM, pengenalan pengurus serta job-jobnya, dan sosialisasi modul kaderisasi dilingkungan KBM Instika.

"Pada awalnya, rencana kegiatan PAM ini akan digabung dengan kegiatan Temu Penyair se Madura, tapi karena ada beberapa kendala, acara Temu Penyair se Madura baru akan dilaksanakan bulan Februari nanti" ungkap Tinniyah, selaku Ketua Panitia saat menyampaikan laporan mewakili panitia. 

Pada kesempatan ini pula, PR III juga menyampaikan harapannya agar seluruh mahasiswa yang hadir pada saat itu benar-benar memanfaatkan keberadaan DPM, BEM, UKM dan fasilitas yang disuguhkannya. PR III mewanti-wanti bahwa mahasiswa yang sesuai dengan visi-misi Instika, yaitu berprestasi unggul, mandiri dan tawaddhu', dengan begitu mereka akan difasilitasi segala kebutuhannya untuk mewujudkann dan mengembangkan kreativitasnya.

"Kami akan mendukung dan siap memfasilitasi semua prestasi baik untuk mengibarkan panji bendera Instika" motivasi PR III Instika dalam sambutannya.

Selain itu, PR III menceritakan mahasiswa Instika yang jebol juara 1 debat B.Arab tingkat internasional dan prestasi mahasiswa yang berhasil mengibarkan bendera di bumi Makasar dalam hal tulis menulis, Beliau juga menyampaikan agar mahasiswa yang mempunyai problem akademik segera dilaporkan.

"Bila ada dari kalian yang mempunyai problem akademik, segera dilaporkan. Jangan sampai terlambat untuk melaporkannya" pesannya di sela-sela sambutannya.

"Perubahan hari ini, (parsipasi aktif mahasiswa luar pesantren. Red) Semoga membawa dampak positif terhadap Instika ke depan" harapnya di akhir sambutannya.(NR) 

Berita ini dikutip dari website Instika.

Tidak ada komentar: