Rabu, Januari 25, 2012

Pengurus Marla Banat Adakan Sosialisasi Program


Husnul Khatimah Arief, PPA Latee II

GULUK-GULUK—Perjalanan kepengurusan Markazul Lughah al-‘Arabiyah Puteri (Marla Banat) sudah menginjak bulan ketiga. Beberapa program yang dicanangkan oleh pengurus sudah ada yang terealisasi sesuai dengan rencana. Untuk melangkah pada bulan-bulan berikutnya, pengurus Marla Banat memandang perlu untuk mengadakan sosialisasi program pada seluruh anggota Bahasa Arab di Annuqayah guna memperkenalkan program-program yang sudah direncanakan tersebut.

Tidak sebagaimana umumnya sosialisasi program yang mesti dilakukan di awal periode kepengurusan, pengurus Marla Banat pada Senin kemarin (23/1) baru melakukan sosialisasi program setelah dua bulan berlalu masa kepengurusan. Hal ini karena pada dua bulan sebelumnya kegiatan Marla Banat yang perlu direalisasikan hanya satu program yaitu Ta’lim Usbu’iyah yang diisi langsung oleh Syaikh Shalah Wahbah yang merupakan kelahiran Mesir sekaligus alumni al-Azhar Kairo. Kegiatan ini memang sudah terealisasi pada periode sebelumnya.

Pengurus periode kali ini yang dipimpin oleh Hikmatun, santri PPA Lubangsa, hanya melanjutkan program tersebut. Jadi menurutnya, tidak ada masalah bila sosialisasi ini baru dilakukan kemarin. Peserta yang mengikuti Ta’lim Usbu’iyah ini adalah seluruh anggota Markazul Lughah al-‘Arabiyah.

Pengurus Marla Banat membentuk sosialisasi menjadi semacam rapat yang di dalamnya melibatkan seluruh pengurus Marla Banat, Ketua Pengurus dan ketua cabang bahasa Arab di masing-masing daerah di Annuqayah. Pada pertemuan ini hadir tujuh orang ketua cabang Bahasa Arab dan ketua pengurus yang meliputi ketua Raudlatul Lughah al-Arabiyah PPA Latee II, ketua Syu’bah al-Arabiyah PPA Lubangsa Putri, ketua an-Nasyath PPA al-Furqan, ketua an-Nabilah PPA Lubangsa Selatan, ketua pengurus Karang Jati, ketua pengurus Nirmala dan ketua pengurus Lubangsa Tengah.

Pada kesempatan itu, Hikmatun mengenalkan program-program yang dirancang oleh beberapa qism (divisi) yang terdapat di kepengurusan Marla Banat, yakni Qismu at-Ta’lim wa at-Tarbiyah (divisi Pembelajaran dan Pendidikan), Qismu at-Tahrik wa at-Tasyji’ (divisi Penggerak dan Motivasi), dan Qismu al-Ishdar (divisi Penerbitan). Hanya saja, ia menyosialisasikan program yang bersangkut paut dengan cabang bahasa Arab, seperti Kursus Intensif, Ta’lim Usbu’iyah, Halaqah Arabi, Diklat Arabi, Gebyar Arabi, Pentas Seni dan sebagainya.  

Hikmatun menyatakan bahwa selain untuk menyosialisasikan program kerja pengurus, rapat ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan cabang bahasa Arab. Dan yang tak kalah penting adalah melakukan sharing untuk memperbaiki program-program yang ada, karena partisipasi dari semua pihak, termasuk ketua pengurus dan ketua cabang bahasa Arab, sangat menentukan terhadap cerahnya masa depan Markaz.  

“Marla Banat saat ini membawahi cabang bahasa Arab di masing-masing daerah. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan cabang, tentu kami perlu mengadakan  rapat dengan mereka,” katanya setelah ditanya tentang maksud diadakannya rapat ini.

Ia melanjutkan bahwa sebagai bentuk kepedulian pengurus Marla Banat terhadap cabang-cabang bahasa Arab di Annuqayah, pengurus siap menjadi fasilitator bagi mereka yang membutuhkan, karena salah satu keluhan yang disampaikan oleh ketua cabang pada rapat kala itu adalah minimnya fasilitator di salah satu cabang yang kompeten di bidang bahasa Arab.

Di samping itu, pengurus membentuk program Halaqah Arabi yang ditangani Qismu at-Tahrik wa at-Tasyji’ guna meningkatkan kualitas bahasa Arab cabang. Dalam kesempatan ini, seluruh anggota cabang akan saling berkunjung untuk berbagi pengetahuan dan mengenalkan program masing-masing. Sederhananya, kegiatan ini bisa disebut studi banding antar cabang. Pengurus berharap dengan diadakannya Halaqah Arabi, anggota cabang semakin terstimulasi untuk meningkatkan kebahasa Arabannya.

2 komentar:

Ubaidillah Tsabit mengatakan...

Salam, sekedar sharing, di samping -tentu- apresiasi.
perlu verifikasi, karena merupakan adaptasi langsung dari term arab, dua nama kegiatan yang digunakan Marla Banat sebagaimana disebut di berita, mohon dicermati. Rasanya kurang klop;
Ta'lim Usbu'i(yah??)
Halaqah Arabi[yah]??
Ini semata2 pembacaan sepintas dan tekstual. Adapun maksud penamaan tsb. teman2 Marla Banat tentu kompeten untuk menjelaskan.
Wallahu a'lam...

Untuk Marla Banat, semoga sukses, bermanfaat dan barakah... amin
Wassalam

M. Faizi mengatakan...

datanglah, Nat. Mana Banat ini?