Jumat, Januari 13, 2012

Lubsel Siap Gelar Peringatan Maulid Nabi

Paisun, PPA Lubangsa Selatan

Guluk-Guluk—Pengurus Departemen Kepustakaan dan Pengembangan Wawasan (Puspenwas) PP Annuqayah Daerah Lubangsa Selatan (PPA Lubsel) mengaku telah siap melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. yang sudah menjadi agenda tahunan pesantren.

Nur Kholik, selaku koordinator Puspenwas  menyatakan, meski persiapannya agak mepet, kegiatan tersebut diusahakan akan tetap terlaksana dengan baik sehingga mampu meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Namun, ia mengakui bahwa ada dua kegiatan utama yang terpaksa tidak dilaksanakan karena persiapan yang terlalu mepet. Dua kegiatan tersebut adalah pengajian dan diskusi kitab barzanji. “Untuk maulid kali ini, kami memang mengurangi dua kegiatan. Salah satunya adalah pengajian kitab barzanji. Ini karena waktu yang mepet,” ujar santri asal Lapataman, Dungkek, Sumenep tersebut.

“Secara teknis, semuanya telah kami serahkan kepada panitia pelaksana. Panitia telah kami bentuk pada tanggal 8 Januari yang lalu,” pungkasnya.

Pekan Maulid

Moh. Husril Mubariq, ketua panitia pelaksana, menyatakan bahwa peringatan maulid tahun ini akan dilaksanakan selama satu pekan, yakni sejak tanggal 27 Januari s/d 2 Februari 2012. Kegiatan tersebut akan dibuka secara sederhana oleh ketua pengurus dan akan ditutup dengan pengajian agama di Musholla PPA Lubsel pada tanggal 2 Februari 2012.

Namun, sebelum itu, panitia juga akan menggelar Lomba Sepak Bola yang dimulai pada tanggal 12 Januari 2012. Lomba sepak bola itu sendiri nantinya akan dibuka dengan pertandingan antara tim pengurus versus tim panitia.

“Sedianya, kami tidak akan menggelar lomba sepak bola. Tapi, mengingat animo santri yang besar, panitia tidak bisa menolak,” jelas mahasiswa Instika semester I jurusan Muamalat tersebut Selasa (10/01) malam.

Lebih lanjut ia mengakui bahwa sepak bola tidak mempunyai kaitan langsung dengan peringatan maulid. Namun, hal itu hanya tambahan untuk menghibur santri yang mungkin jenuh dengan kegiatan-kegiatan pesantren selama ini.

Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, selama sepekan, kegiatan maulid Nabi kali juga akan dipenuhi dengan ragam lomba dan kegiatan. Setidaknya ada 10 lomba yang akan dipertandingkan, yakni Lomba Sepak Bola, Lomba Cerdas Cermat, Baca Kitab, Hafalan Nadham Imrithi, Nasyid, Tartil, Lomba Menulis (Artikel dan Puisi), serta Lomba Nasi Tumpeng. Di luar itu, ada kegiatan Dialog, Pemutaran Film, dan pengajian Agama sebagai pemuncak kegiatan.

Tidak ada komentar: