Kamis, Mei 14, 2009

Semarak Lomba Akhir Sanah Darul Lughah Latee Resmi Dimulai


Ahmad Al Matin, PPA Latee

GULUK-GULUK—Selasa malam (12/5) kemarin, Semarak Lomba Haflah Akhir Sanah Darul Lughah resmi dimulai. Malam itu menjadi sangat berarti bagi seluruh santri Darul Lughah PPA Latee tanpa terkecuali. Pasalnya, Semarak Lomba Haflah Akhir Sanah ini adalah haflah pertama setelah lima tahun terakhir. Dalam kegiatan ini beberapa jenis perlombaan digelar.
“Ini Haflah Akhir Sanah terbesar yang kami rayakan dalam lima tahun terakhir,” kata Suryadi Aziz, ketua Tanfidzi Daru. Lughah yang sekaligus menjabat sebagai ketua panitia Haflah Akhir Sanah. Dia juga mengungkapkan bahwa semarak lomba haflah akhir sanah sebenarnya memang sudah menjadi program wajib setiap tahun. Namun, karena kesibukan para pengurus dan defisitnya dana yang dimiliki Darul Lughah dalam lima tahun terakhir, pengurus Darul Lughah langsung mengadakan haflahnya saja tanpa adanya lomba-lomba. “Dan alhamudulillah tahun ini kami mempunyai dana yang cukup dan para pengurus juga tidak terlalu sibuk sehingga kami memutuskan untuk mengadakan lomba yang sudah sangat lama tidak diadakan ini,” lanjut Suryadi.
Acara ini disambut hangat oleh seluruh lapisan santri Darul Lughah, tak terkecuali sang Direktur Darul Lugha Sendiri, Faishal Khair. Faishal mengungkapkan bahwa dia sangat senang dan bangga dengan adanya acara lomba ini. “Senangnya karena saya sudah sangat rindu dengan acara lomba seperti ini di Darul Lughah juga saya sangat bangga dengan seluruh pengurus Darul Lughah lebih-lebih mereka yang sudah duduk di kelas Akhir Aliyah yang seharusnya mereka konsentrasi dengan persiapan mereka untuk masuk perguruan tinggi tapi ternyata malah menyempatkan diri untuk mengadakan acara besar seperti ini,” tutur Faishal.
Namun ada yang cukup berbeda dengan acara haflah ini. Jika di lembaga-lembaga lain acara lomba akhir sanah diadakan setelah ujian berlangsung, namun di Darul Lughah malah diadakan sebelum dilaksanakannya ujian. “Ppelaksanaan haflah ini dilaksanakan sebelum ujian karena terkait dengan waktu yang sangat sempit karena berdesakan dengan acara ujian madrasah formal dan diniyah, Hima, dan Haflah Diniyah. Jadi kami laksanakan lomba ini lebih awal, sebelum ujian Darul Lughah. Namun malam puncaknya tetap setelah ujian. Saat ini hanya lombanya saja,” kata Ahmad Zairi, Panitia Haflah Akhir Sanah di bidang perlombaan yang juga menjadi pengurus Departemen Pendidikan dan Pengajaran Darul Lughah.

Tidak ada komentar: