Minggu, Mei 03, 2009

Pengurus Darul Lughah Kembali Adakan Pemutaran Film Bahasa Arab

Ahmad Al Matin, PPA Latee

GULUK-GULUK—Pada Jum’at malam (1/5) kemarin, untuk kedua kalinya pengurus Darul Lughah Latee mengadakan pemutaran film berbahasa Arab. Film yang diputar pada kesempatan tersebut adalah Ashabul Kahfi Disc 1.
“Pemutaran film adalah program bulanan departemen pendidikan dan pengajaran. Jadi acara yang seperti ini akan ada terus setiap bulan,” kata Umarul Faruq pengurus departemen pendidikan dan pengajaran Darul Lughah.
Namun pemutaran film yang disambut meriah oleh seluruh santri Darul Lughah itu harus terganggu saat film tengah berjalan 30 menit oleh datangnya pengurus keamanan PPA Latee yang mengira pemutaran film itu belum mendapatkan izin. “Dia mengira kami belum izin ke pengurus PPA Latee untuk mengadakan pemutaran film. Ini kesalahpahaman saja,” jelas Faishal Khair, Direktur Darul Lughah.
Namun meskipun kehadiran pengurus keamanan tersebut hanyalah salah paham, hal itu cukup mengganggu kelancaran pemutaran film. Pasalnya, pengurus keamanan tersebut masuk ke ruang kelas Diniyah yang menjadi tempat pemutaran film dengan suara keras dan langsung marah-marah. “Ya mengganggulah. Wong dia datang sambil marah-marah,” kata Ahmad Zairi yang juga menjabat sebagai pengurus pendidikan dan pengajaran Darul Lughah.
Film yang berdurasi 58 menit itu mengisahkan perjalanan tujuh orang pemuda dan seekor anjing mereka yang hidup pada masa sebelum lahirnya Nabi Muhammad saw yang menentang raja mereka yang terkenal dengan keserakahan dan kesombongannya yang mengajak mereka untuk ikut memeluk agamanya, tapi tujuh orang yang memang iman kepada Allah sangat tebal itu menolak dengan ajakan tersebut. Karena ajakannya ditolak dan menganggap tujuh pemuda itu mengkhianatinya, raja itu lalu memerintahkan bala tentaranya untuk mengejar mereka. Tujuh pemuda yang tahu dengan rencana pun lari dari kejaran tentara sang raja. Mereka pun sampai di sebuah gua yang bernama Tarthus, lalu tujuh orang pemuda tersebut bersama anjingnya tertidur selama kurang lebih 3 abad.

Tidak ada komentar: