Sabtu, Mei 23, 2009

Perjalanan Study Comparative OSIS MA 1 Annuqayah Putra ke MAN 3 Malang


Jamaluddin M Haz, PPA Lubangsa

Akhirnya Study Comparative OSIS MA 1 Annuqayah Putra itu pada hari Jum’at (15/5) yang lalu terlaksana. Perjalanan diawali dari halaman kantor MA 1 Annuqayah Putra menuju ke MAN 3 Malang. Sekitar pukul 16:00 WIB seluruh anggota rombongan berkumpul di kantor OSIS MA 1 Annuqayah Putra. Peserta rombongan yang berjumlah 22 orang itu bersiap-siap untuk berangkat ke tempat tujuan.
Study Comparative ini awalnya akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Mei 2009. Namun karena dari pihak MAN 3 Malang tidak bersedia pada tanggal itu dan yang bisa pada tanggal 16 Mei, maka OSIS MA 1 Annuqayah pun ikut ketentuan dari MAN 3.
Sebelum rombongan berangkat, seluruh peserta melakukan foto bersama di tangga depan MA 1 Annuqayah dan didampingi Waka Kesiswaan, Moh. Khalili KN, dan guru pendamping, Ahmad Bahrurrozi. Setelah foto bersama, kemudian seluruh peserta masuk kedalam bus untuk berangkat.
Perjalanan yang ditempuh sekitar tujuh jam itu sangat melelahkan dan menguras banyak tenaga. Seperti yang disampaikan oleh Husni Mubarok, “Perjalanan ini sungguh melelahkan kami semua, karena selama perjalanan kami hanya duduk dan ada teman-teman yang tidur,” paparnya.
Sekitar pukul 01:15 WIB rombongan sampai di Perumahan Pasar Gadang Malang. Rombongan dijemput oleh dua orang mahasiswa dari Madura dan salah satu mahasiswa itu adalah alumni Pondok Pesantren Annuqayah. Dia adalah Ahmad Wafi yang sekarang meneruskan kuliahnya di Universitas Muhammadiyah Malang. Seluruh rombongan turun dan langsung dipersilakan masuk ke dalam rumah untuk beristirahat. Tuan rumah menghidangkan minuman dan makanan ringan untuk menghilangkan lelah dan letih seluruh peserta Study Comparative.
Paginya, setelah shalat Subuh, seluruh peserta bersiap-siap untuk berangkat ke MAN 3 malang. Agar waktu bisa tergunakan secara maksimal, peserta study bergantian mandi dan makan.
Setelah seluruh persiapan matang, sekitar pukul 08:00 WIB seluruh peserta Study Comparative berangkat menuju MAN 3 malang. Sesuai dengan kesepakatan, acara akan dimulai pada pukul 09:00 WIB, sehingga rombongan dari MA 1 Annuqayah perlu sampai ke tempat sebelum jam yang ditentukan.
Sekitar pukul 09:13 WIB acara dimulai. Acara diawali dengan sambutan Waka Kesiswaan dari MA 1 Annuqayah Putra. “Kami dari MA 1 Annuqayah mengucapkan terima kasih karena telah sudi menerima kami di sekolah ini dan kami ke sini ingin belajar sebanyak-banyaknya tentang bagaimana organisasi yang baik.” Beliau juga menambahkan, bahwa MA 1 Annuqayah Putra berada di bawah naungan pesantren dan beliau juga minta agar anak-anak OSIS MAN 3 Malang dan OSIS MA 1 Annuqayah bisa saling berbagi ilmu dengan cara sharing bersama-sama.
Setelah sambutan Waka Kesiswaan MA 1 Annuqayah, kemudian disusul dengan sambutan Kepala MAN 3 Malang, Drs. H. Imam Sujarwo, M.Pd. “Kami mohon maaf jika penyambutan dari sekolah kami kurang maksimal. Itu semua dikarenakan sekolah kami kedatangan dua tamu dalam waktu yang bersamaan,” papar Kepala MAN 3 tersebut. Beliau menjelaskan bahwa di MAN 3 Malang ada beberapa guru yang asalnya dari Madura.
Acara selanjutnya yaitu sharing bersama tentang pandangan OSIS secara umum dan masing-masing ketua OSIS dipersilakan untuk maju ke depan dan mempresentasikan OSIS dari lembaganya masing-masing. Dari MA 1 Annuqayah diwakili oleh Ketua OSIS, Munir Atlan, dan dari MAN 3 diwakili oleh Alfiyanto Cahyono selaku Ketua OSIS.
Setelah acara sharing selesai, seluruh peserta berpencar untuk mendapatkan informasi yang diinginkan sesuai dengan materi dan tanggung jawab yang telah dibagikan kepada seluruh anggota. Ada yang ke kantor OSIS, ada juga yang ke ruangan khusus KIR (kelompok karya ilmiah remaja), dan mereka didampingi oleh pengurus OSIS MAN 3 untuk menuju ruangan tersebut.
Seluruh peserta berusaha mencari data tentang keorganisasian di MAN 3 Malang. Proses sharing itu berakhir pada pukul 14:00 WIB. Seluruh pengurus OSIS MA 1 Annuqayah dan MAN 3 Malang di akhir acara melakukan foto bersama-sama.
Akhirnya seluruh anggota OSIS MA 1 Annuqayah pulang kembali ke Perumahan Pasar Gadang. Di sana seluruh rombongan shalat dan mandi, kemudian mereka makan.
Setelah shalat Maghrib, mereka bersiap-siap untuk pulang ke Annuqayah. Sebelum pulang, seluruh anggota OSIS MA 1 Annuqayah melakukan musyawarah bersama. Musyawarah itu untuk menyepakati kapan mereka akan berkumpul dan membuat laporan kepada pihak sekolah tentang hasil Study Comparative itu. Setelah musyawarah selesai, mereka semua membersihkan ruangan rumah yang telah dipakai selama satu hari satu malam itu dan kemudian berpamitan kepada tuan rumah untuk pulang kembali ke Annuqayah.
Sekitar pukul 13:00 WIB rombongan sampai di Annuqayah kembali dan seluruh peserta rombongan merasa sangat lelah. Kemudian mereka pulang ke pondok masing-masing.
Hasil dari Study Comparative ini akan dilaporkan pada Kepala Madrasah dan kepada pihak sekolah agar menjadi bahan pertimbangan untuk kemajuan OSIS khususnya dan sekolah pada umumnya.

Tidak ada komentar: