Senin, Mei 04, 2009

Liburan UAM, Lubangsa Adakan Pengajian Kitab Pagi dan Malam

Fandrik Hs Putra, PPA Lubangsa

GULUK-GULUK—Demi mengefisienkan waktu liburan sekolah untuk kelas 1 dan 2 karena siswa kelas tiga sedang menghadapi Ujian Akhir Madrasah (UAM) Madrasah Aliyah/SMA/Sederajat, Pengurus PPA Lubangsa seksi Pendidikan, Pengajaran, dan Pengembangan Intelektual (P2PK) mengadakan pengajian kitab Kifayatu al-Akhyar dan kitab Al-Kasyfu wa al-Tabyin mulai Ahad (3/5) kemarin.
Kedua pengajian kitab itu diampu oleh ustadz yang berbeda. Namun, keduanya masih sama-sama aktif di pesantren Lubangsa. Mereka adalah Ustadz Amirul Khotib, pengampu kitab Kifayatu al-Akhyar yang menjabat sebagai pengurus P2PK dan Ustadz Mohammad Ali, mantan ketua pengurus PPA Lubangsa 2007-2008, pengampu kitab Al-Kasyfu wa al-Tabyin
Kedua pengajian kitab itu sudah dijadwal berbeda. Kitab Kifayatu al-Akhyar pagi, dimulai pada pukul 06.30 sampai 07.30 WIB, dan malamnya, selepas shalat Isya’ berjamaah, pengajian kitab Al-Kasyfu wa al-Tabyin sampai bel jam belajar berbunyi.
Pengajian kitab Kifayatu al-Akhyar membahas Bab Puasa. Menurut Amirul Khotib, bab ini dipilih karena sebentar lagi santri akan menghadapi liburan puasa. “Meski masih cukup jauh jaraknya, yakni empat bulan, tapi ini adalah salah satu kesempatan yang tepat. Jarang ada kesempatan selain hari-hari biasa,” ungkapnya.
Sufyan Auri, salah satu pengurus P2PK, menambahkan bahwa pengajian ini dilaksanakan agar santri tidak terlalu santai dalam liburan Ujian Akhir Madrasah (UAM). ”Percuma kan, waktu terbuang sia-sia, sedangkan kakak kelas mereka deng-bhindeng (bingung) mengerjakan soal UAM di kelasnya. Lebih baik digunakan hal yang bermanfaat,” ungkapnya ketika ditemui di kantin Sufi PPA Lubangsa.

Tidak ada komentar: