Selasa, Maret 31, 2009

Masuk Rabiul Tsani, Karang Jati Putri Rayakan Maulid Nabi

Ummul Karimah, PPA Karang Jati Putri (Assaudah)

GULUK-GULUK—Pengurus PPA Karang Jati Putri Senin malam (30/3) kemarin mengadakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw. Seluruh santri semarak membaca shalawat untuk sang nabi di mushalla pondok.
Dibandingkan yang lain, perayaan Maulid ini memang telat dilaksanakan. Akan tetapi, Nurul Qamariyah, ketua pengurus, mengatakan bahwa perayaan kelahiran Nabi itu bisa kapan saja dirayakan, tak harus di dalam bulan Rabiul Awwal.
Acara Maulid yang dimulai sekitar pukul 20.10 WIB itu berlangsung sangat lancar dan cukup meriah. Kemeriahan tersebut didukung oleh penampilan teater dari Sanggar Al-Faidah, dari Karang Jati Putri sendiri, dan penampilan Paduan Suara Madaris 3 Annuqayah.
Khofiyatul Jannah, salah satu senior sanggar tersebut, mengatakan bahwa persiapan pentas pun sangat mendadak. “Tadi siang, pada pukul 14.00 WIB kita latihan. Tampilnya, ya langsung-langsungan,” paparnya sambil tertawa gemas dan menatap seluruh anggota sanggar.
Sementara itu, Nurul Qamariyah menyatakan bahwa walau acaranya sederhana, yang penting adalah nilai dan penghayatannya.
Dalam kesempatan itu, K. M. Mushthafa menyampaikan hikmah Maulid secara singkat. “Yang terpenting dalam acara ini adalah agar kita selalu berusaha menjadikan sosok Nabi sebagai uswah,” katanya. “Jika kita bisa dekat secara spiritual dengan Nabi, maka jika kita punya masalah, kita bisa curhat pada beliau,” tambahnya.

Tidak ada komentar: