Sabtu, Maret 21, 2009

Try-Out UN di MA Putri

Qurratul Aini, PPA Lubangsa Selatan Putri

GULUK-GULUK—“Try-out itu cuma coba-coba. Toh, itu bukan syarat lulus. Yang penting, UN lulus!” Demikian komentar Husnul Khatimah, siswa kelas XII program Keagamaan saat ditanyai mengenai try-out putaran kedua MA 1 Annuqayah Putri yang dilaksanakan selama 3 hari kemarin (17-19/3).
Dia juga menegaskan sulitnya soal bahasa Inggris dibandingkan try-out sebelumnya. Dia merasa kesulitan dengan teks-teks panjang yang nyaris sulit dipahaminya. Walaupun dia merasa listening section lebih mudah, tapi menurut gadis yang mendapat rangking pertama di kelasnya ini, hal itu tidak begitu banyak membantu untuk mendongkrak nilai dari soal-soal yang lain. Pasalnya, soal listening hanya 15 soal, sedangkan semua soal berjumlah 50 item. “Dalam soalnya tidak ada yang membahas grammar, selalu saja wacana dan paragraf.”
Lucunya, siswa yang juga sekelas dengannya tidur saat pelaksanaan try-out. Namanya Fatir. Dia tampaknya sangat bosan melihat model soal-soalnya yang tidak variatif. Dia langsung melingkari Lembar Jawaban Komputernya dan tampak tidak “berselera” membaca soal-soalnya dengan lebih serius. Gadis asal Lengkong ini terjaga dari tidurnya karena salah satu petugas try-out membangunkannya untuk mengisi daftar hadir. Dengan mata setengah merem, dia membubuhkan tanda tangan dan kemudian melanjutkan tidurnya.
Saat ditanyai persiapan menghadapi try-out, Dayen, sapaan akrab sekretaris redaksi Majalah Inspirasi, menjelaskan bahwa dirinya lebih bersemangat belajar saat try-out pertama yang diadakan sejak 17-20 Februari lalu. “Saya biasa-biasa saja dengan try-out sekarang. Nggak tahu juga kenapa,” imbuhnya di akhir pembicaraan. Hal senada juga disampaikan oleh Wilda, siswa kelas XII IPS-2. “Try-out hanya salah satu upaya untuk membantu soal-soal UN tapi, bukan segala-galanya!”
Beda halnya dengan Buroidah. Dia rupanya menjadi siswa yang rajin belajar saat-saat menghadapi try-out. “Saya merasa lebih giat belajar, tapi tetap saja nilai pas-pasan,” tuturnya sambil disertai tawanya yang cekikikan.

Tulisan ini dikutip dan disunting dari www.ma1annuqayahputri.blogspot.com

Tidak ada komentar: