Minggu, Maret 22, 2009

Nirmala Peringati Maulid Nabi Muhammad saw

Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK—Jum’at (20/3) malam Pondok Pesantren Annuqayah daerah Nirmala merayakan Maulid Nabi Muhammad saw yang perayaannya digabung dengan acara Penobatan Santri Berprestasi Madrasah Diniyah Nirmala (MADINA) semester pertama. Acara ini bertempat di halaman PPA Nirmala. Acara yang dimulai pada pukul 20.28 WIB ini disambut meriah oleh para santriwan dan santriwati.
Dalam kesempatan tersebut hadir K.H. A. Hamidi Hasan, pengasuh harian PPA Nirmala, beserta seluruh pengurus dan para ustadz MADINA. Kegiatan tersebut diisi dengan beberapa acara, yaitu pembacaan ayat-ayat suci alqur’an, pembacaan shalawat barzanji, prakata panitia, sambutan-sambutan, ceramah agama, yang diisi oleh K. Harisul Umam, dan acara terakhir ditutup dengan doa.
Dalam sambutannya, M. Musni, ketua panitia peringatan Maulid, menuturkan bahwa ini adalah kegiatan rutin yang masuk dalam program PPA Nirmala. “Selain itu, acara ini kami laksanakan dengan tujuan agar para santri lebih menyukuri dan meneladani tingkah laku Nabi,” lanjutnya.
Pernyataan yang serupa juga dituturkan oleh K.H. A. Hamidi Hasan. ”Memperingati maulid ini adalah kesyukuran bagi kita. Nabi sendiri merayakan kelahirannya dengan carabanyak berpuasa dan memperbanyak ibadah,” tutur beliau dalam sambutannya.
“Meneladani dan menjadikan Nabi sebagai uswah merupakan bentuk kesyukuran bagi kita semua atas kelahiran beliau yang telah banyak menciptakan perubahan,” lanjutnya.
K. Harisul Umam, penceramah asal Bakeong, dalam pidatonya mengingatkan agar para santri taat dan patuh pada gurunya. Juga agar kita selalu mengambil pelajaran dan hikmah dari diutusnya Nabi Muhammad dengan cara mengikuti lalampan beliau.
Di akhir acara, Sanggar Sabda Nirmala juga ikut memeriahkan acara ini dengan penampilan yang mereka pentaskan, yakni pembacaan puisi dengan judul “Mengenangmu”.

Tidak ada komentar: