Jumat, Maret 06, 2009

Guru Matematika dan Geografi Annuqayah Digodok Tim Klub Guru Surabaya

Ahmad Al Matin, PPA Latee

GULUK-GULUK—Kerja sama antara Pondok Pesantren Annuqayah dan Sampoerna Foundation Jakarta sudah berjalan kurang lebih 2 tahun. Berbagai program peningkatan mutu pendidikan sudah dilaksanakan. Selasa hingga Kamis (3-5/3) kemarin, untuk pertama kali di tahun 2009 ini, PP Annuqayah dan Sampoerna Foundation mengadakan Subject Content Training (SCT) atau Pelatihan Materi Bidang Studi, yang difokuskan pada dua mata pelajaran, yaitu Matematika dan Geografi.
Acara yang bertempat di ruang sederhana milik Balai Kesehatan Pondok Pesantren (BKPP) Annuqayah ini diikuti oleh sekitar 25 orang yang terdiri dari guru pengajar Matematika dan Geografi tingkat SLTA di lingkungan PP Annuqayah. Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan mutu penguasaan guru atas materi yang diajarkan sehingga dapat menghasilkan output yang lebih baik. H.A. Pandji Taufiq sebagai Ketua Yayasan Annuqayah sekaligus mewakili Ketua Pengurus PP Annuqayah dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara ini sangat penting sekali guna meningkatkan kualitas guru di PP Annuqayah. “Acara ini menjadi penting adanya, guna meningkatkan kualitas guru di lingkungan PP Annuqayah, terutama yang mengajar dua materi ini, Matematika dan Geografi,” pungkasnya.
Senada dengan Pandji, Amir Ma’ruf, Program Officer SF mengatakan bahwa salah satu tujuan acara SCT ini untuk pengembangan pengetahuan para guru PP Annuqayah. “Jadi, program yang merupakan kegiatan pertama kami di tahun 2009 ini salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan dan pengembangan kualitas guru Annuqayah,” ungkapnya antusias.
Pemateri pada acara SCT ini adalah Dra. Masriyah, M.Pd. (untuk materi Matematika) dan Drs. Mardiana Adiwijaya, M.M. (untuk materi Geografi). Keduanya merupakan tim dari Klub Guru Surabaya.
Walaupun acaranya dilangsungkan di tempat yang cukup sederhana, para peserta tampaknya sangat bersemangat sekali mengikuti kegiatan ini. Habiburrahman, guru Matematika dari MA 1 Annuqayah Putra, merasakan manfaat mengikuti kegiatan ini. "Saya senang sekali mengikuti kegiatan ini, karena paling tidak saya bisa belajar trik-trik untuk mengajarkan Matematika dengan lebih menyenangkan, dan tidak menakutkan, seperti yang tercitra di benak siswa selama ini," terangnya.

Tidak ada komentar: