Kamis, April 15, 2010

BPM-PPA Adakan Pelatihan Database dan Web di ITS


Sabtu, 10 April 2010, Program Database dan Manajemen Pengetahuan Biro Pengabdian Masyarakat (BPM) PP Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, mengadakan pelatihan database dan web di Lab. Fakultas Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Acara tersebut diikuti oleh lima orang; Achmad Sunandar dan Fahrur Rozi, karyawan BPM-PPA; Fami dan Reyadi, pengurus pesantren; dan Abdurrahman, karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman Annuqayah (STIKA). Kelima orang tersebut merupakan utusan dari masing-masing lembaga yang diproyeksikan mengelola data base lembaganya.

Pelatihan tersebut berlangsung selama satu hari. Rombongan berangkat sekitar pukul 4:30 WIB dan sampai di ITS sekitar pukul 07:40 WIB. Acara sedikit molor karena rombongan datang agak terlambat. Rencananya, acara akan dilangsungkan pada pukul 07:30 WIB, tapi karena rombongan kesulitan mencari tempat berlangsungnya acara, maka acara baru dimulai sekitar jam 08:30 WIB.

Pelatihan kali ini difasilitasi oleh Prof. Dr. Agus Zainal Arifin, S. Kom, salah satu dosen ITS. Beliau juga dibantu oleh staf-stafnya. Pelatihan ini merupakan tidak lanjut dari pelatihan sebelumnya yang diadakan oleh BPM-PPA dan juga fasilitasi oleh Pak Agus dan tim dari ITS.

Acara diawali dengan mencari poin-poin masalah yang dihadapi oleh masing-masing peserta kaitannya dengan sistem database tiap lembaga yang mereka kelola. Pemandu acara, Moh. Yasin, salah satu staff, meminta para peserta mengutarakan masalah-masalah tersebut. Dari sekian kesulitan-kesulitan itu, akhirnya mengerucut pada satu poin, yaitu pembuatan data base MySQL. Yasin mengakui, untuk masalah tersebut memang tidak bisa diselesaikan dalam jangka waktu yang teramat singkat. “Di sini (ITS Red.) saja program itu menjadi materi kuliah satu semester,” katanya.

Bapak Agus yang datang belakangan, ketika mendengar persoalan-persoalan yang utarakan peserta mengatakan, lebih baik memulai secara perlahan-lahan dan dari yang kecil-kecil. “Setiap lembaga menginginkan sistem data base-nya serba otomatis. Namun karena tidak didukung SDM yang memadai, akhirnya data base yang kami buat untuk mereka dibiarkan begitu saja, tidak diupdate,” katanya. Setelah diskusi tersebut, disepakati pelatihan ini lebih difokuskan pada pengelolaan website. Pak Agus menyarankan, untuk lembaga-lembaga yang belum membutuhkan database secara mendesak lebih baik menggunakan yang manual dulu. “Baru kalau SDM-nya sudah memadai, silahkan gunakan program data base seperti ini,” lanjutnya.

Usai diskusi, acara dilanjutkan dengan pengenalan xampp dan wordpress offline, mulai dari cara menginstall, cara menyinkronkan keduanya, dan cara membuat dan mengelola wordpress. Acara kali ini dipandu oleh beberapa staff. Bagi sebagian peserta, pengenalan wordpress merupakan pemantapan, namun beberapa yang lain masih menganggapnya barang baru. Itu karena mereka tidak mengikuti pelatihan sebelumnya.

Diakhir acara, Pak Agus meminta peserta untuk menyampaikan apa saja yang sudah didapat dari pelatihan selama satu hari tersebut dan apa yang akan dikerjakan setelah para peserta sampai di lembaganya masing-masing. Beliau mengharapkan, para peserta bisa membuktikan secara konkret dari pelatihan ini.

Acara usai sekitar pukul 14:45 WIB. dan rombongan peserta bertolak ke PP. Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura.

Berita ini dikutip dari Web BPM-PPA.

Tidak ada komentar: