Senin, November 10, 2008

Santri Annuqayah Menuju MQK Nasional


Ahmad Al Matin, PPA Latee

Sumenep—Santri Pondok Pesantren Annuqayah dipercaya mengikuti tes seleksi Musabaqah Qiratul Kutub (MQK) tingkat nasional utusan Jawa Timur pada Senin (3/11) di Surabaya. Hal ini merupakan lanjutan dari Musabaqah Qiratul Kutub tingkat Provinsi Jawa Timur yang diadakan pada Agustus lalu di Jember.
Saat itu, santri Annuqayah yang tergabung dalam tim utusan Kabupaten Sumenep memborong enam piala sekaligus. Empat piala untuk tingkat Ula (Pemula) dan dua piala untuk tingkat Wustha (Pertengahan). Hal inilah yang menyebabkan pemerintah Jawa Timur memanggil kembali tiga santri Annuqayah yang menjadi juara di tingkat Jawa Timur itu untuk dites di Surabaya dan akan diutus untuk Musabaqah Qiratul Kutub Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada awal 2009 mendatang.
Tiga orang yang dipanggil tersebut adalah Ali Hisyam (15) dari Lubangsa, Rif'atul Qamariyah (18) dari Lubangsa Putri, dan Imaniyah (17) dari Al Amir.
"Mereka bertiga sudah mengikuti telah mengikuti tes di Surabaya Senin kamarin (3/11). Saya sendiri masih belum tahu apa mereka itu lulus atau tidak, tapi saya yakin mereka akan lulus dan maju ke tingkat Nasional," kata Ustadz Abd. Basith Mansur selaku pembimbing mereka dalam Musabaqah Qiratul Kutub.
Keberhasilan tiga orang santri tersebut dalam Musabaqah Qiratul Kutub merupakan pembuktian bahwa di Pondok Pesantren Annuqayah yang semi modern ini masih ada santri yang bisa diandalkan dalam baca kitab. 
"Dan jika mereka lulus dan menjadi juara di tingkat nasional, ini akan menjadi prestasi besar untuk Annuqayah dalam bidang baca kitab," kata Ustadz Abd. Basith Mansur di akhir wawancara. 


Nama-Nama Finalis Peserta MQK II 2008 di Jember
Tanggal 5-8 Agustus 2008

1 komentar:

A. Bakir Ihsan mengatakan...

Selamat untuk para santri yang setia merawat tradisi membaca beragam khazanah keilmuan, apalagi khazanah yang, dalam kacamata modernitas, dianggap klasik....

a. bakir ihsan
www.bakir.blogspot.com
emailbakir@yahoo.com
08129072469