Selasa, Juni 09, 2009

Nirmala Buka Kegiatan Pekan Evaluasi dan Haflah Akhir Sanah 2009

Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK—Sabtu (6/6) kemarin Pondok Pesantren Annuqayah daerah Nirmala membuka kegiatan “Pekan Evaluasi dan Haflah Akhir Sanah 2009”. Kegiatan ini akan berlangsung selama 22 hari yaitu sejak tanggal 6 sampai 28 Juni yang akan diakhiri dengan haflah akhir sanah sebagai penutup kegiatan.
Pembukaan yang berlangsung selama lebih kurang 35 menit ini diisi dengan beberapa acara di antaranya, pembukaan, pembacaan ayat Al-Qur’an, lantunan shalawat Nabi, prakata panitia, sambutan pengasuh harian Nirmala, dan acara terakhir adalah penutup yang ditutup dengan doa. K.H. A. Hamidi Hasan turut hadir membuka langsung kegiatan ini dengan pembacaan al-Fatihah.
Abd Wasik Dasuki, ketua panitia kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan pekan merupakan kegiatan rutin Nirmala yang dilaksanakan tiap tahun. Kegiatan ini juga sebagai rentetan dari tiga acara “pekan”, yaitu Pekan Orientasi di awal tahun, Pekan Kepramukaan dan Monitoring di pertengahan tahun, dan Pekan Evaluasi dan Haflah Akhir Sanah digelar di akhir tahun.
“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tolak ukur dari proses pendidikan yang telah kita jalankan,” tuturnya. “Beberapa aneka lomba yang bersifat edukatif, rekreatif, dan sebagainya akan dilaksanakan sebelum malam puncak,” tambahnya. Wasik mengharapkan santri Nirmala dapat berpartisipasi dengan baik di kegiatan ini.
Hal senada juga disampaikan oleh pengasuh harian Pondok Pesantren Annuqayah Nirmala, K.H. A. Hamidi Hasan. Beliau menegaskan bahwa kegiatan ini adalah sebagai penilaian dan barometer pendidikan santri di Nirmala.
“Kegiatan Pekan Evaluasi ini diharapkan dapat memicu dan memacu hormon pendidikan kita, dalam istilah olahraga dikenal dengan doping, sehingga para santri bisa lebih semangat belajar dan dapat menyalurkan talentanya di sini,” tuturnya saat memberi kata sambutan.
Dalam kesempatan itu beliau juga menyinggung kegunaan dan manfaat tiga kegiatan “pekan” yang dilaksanakan di Nirmala. Pekan orientasi diharapkan dapat mengarahkan santri, terutama santri baru, dalam menyambut pendidikan baik formal maupun informal. Pekan kepramukaan dan monitoring ditujukan untuk memantau keberhasilan santri setelah memasuki kegiatan pesantren dan formal, dan pekan evaluasi diupayakan sebagai evaluasi dan membantu para santri di dalam melaksanakan ujian.
Ali Buldan, salah seorang siswa yang saat ini masih duduk di kelas XI MA Tahfidh Annuqayah, menyambut baik kegiatan ini. “Hitung-hitung juga sebagai refreshing di akhir tahun,” ujarnya dengan ceria.

Tidak ada komentar: