Selasa, Juni 02, 2009

Day’s Maulidiah dan Festival Cinta Seni dan Budaya di STIK Annuqayah

Sumarwi dan Fandrik Hs Putra, PPA Nirmala dan PPA Lubangsa

GULUK-GULUK—Ahad (31/5) kemarin Sanggar Gendewa STIK Annuqayah membuka secara resmi ”Day’s Maulidiah dan Festival Cinta Seni dan Budaya (FSCB) Se-Madura”. Pembukaan bertempat di Auditorium as-Syarqawi. Kegiatan Day’s Maulidiah ini adalah ulang tahun Sanggar Gendewa yang dirayakan setiap tahun.
Day’s Maulidiah akan berlangsung selama seminggu, yaitu sejak tanggal 31 Mei sampai 6 Juni 2009 dan akan diisi dengan berbagai macam kegiatan, seperti seminar kebudayaan, bedah novel Perempuan Berkalung Sorban, bedah antologi puisi, lomba baca puisi untuk putra dan putri, workshop penulisan esai, dan pemutaran film Perempuan Berkalung Sorban sebagai penutup kegiatan ini. Selain itu, juga ada acara pentas seni dari beberapa sanggar, di antaranya Sanggar UNIAM (Sumenep), Sanggar Naggala Bangkalan, Sanggar Fataria (Pamekasan), Sanggar Andalas (Annuqayah), Sanggar Basmalah (Annuqayah), dan Sanggar Sabda (Annuqayah).
Muhammad Tsabit, ketua panitia, menuturkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini ialah untuk merayakan ulang tahun Sanggar Gendewa yang ke-3 , dan juga untuk menjalin solidaritas antarsesama seniman dan budayawan se-Madura. ”Meskipin kegiatan ini banyak diikuti oleh beberapa sanggar dari luar Annuqayah, kami masih mementingkan sanggar yang dari Annuqayah walaupun sebenarnya sama-sama penting,” katanya.
”Salah satu faktor pendorong bagi kami untuk melaksanakn kegiatan ini karena kami melihat para pecinta seni dan produktivitas seni di Madura banyak tidak diperhatikan,” tambahya.
PK III STIK Annuqayah, M. Husnan A. Nafi’, S. Ag, membuka kegiatan ini secara simbolis yang ditandai dengan pemberian kado oleh panitia. Pembukaan kemarin diteruskan dengan seminar kebudayaan yang diisi oleh seorang seniman dan budayawan sumenep yakni Syaf Anton WR. Tema yang diangkat ialah Mengembalikan Nilai Seni dan Budaya Madura.

Tidak ada komentar: