Kamis, Juni 11, 2009

Haflah Madrasah Diniyah Lubangsa, Santri Banjiri Halaman Masjid


Jamaluddin M. Haz, PPA Lubangsa

Senin malam (08/06) Madrasah Diniyah PPA Lubangsa melaksanakan haflah dengan meriah. Para santri membanjiri halaman Masjid Jamik Annuqayah sehingga membuat jajaran pengurus merasa repot dan kewalahan mengatur mereka.
Acara yang dimulai pukul 08:00 WIB. itu dibuka dengan pra-acara. Dalam sesi ini, para penonton dihibur dengan berbagai penampilan yang membuat mereka geleng-geleng kepala mengikuti asyiknya penampilan yang disajikan. Pra acara ini dipandu oleh Mun’im Arisandi.
Ada tiga penampilan yang disajikan pada pra acara tersebut. Penampilan pertama dibawakan oleh Aziz. Penampilan yang asyik dan menarik tersebut membuat para penonton terdiam larut dalam alunan lagu. Penampilan yang kedua dibawakan oleh kelompok Hadrah Nurul Fata. Kelompok hadrah yang sudah terkenal ini mencoba membawa para penonton pada suasana padang pasir dengan menyajikan lagu berjudul “Bismillah”. Penampilan yang terakhir dibawakan oleh Rawaziz. Tak kalah dengan penampilan-penampilan sebelumnya, Rawaziz membuat para penonton tersihir dengan lagu yang dibawakannya.
Setelah pra-acara selesai, kini mulailah memasuki acara inti Haflah Diniyah. Acara puncak tersebut dipandu oleh dua orang Master of Ceremony (MC), M. Sabri dan Khalili.
Dalam sambutannya, Sufyan Auri, ketua panitia acara tersebut, mengatakan, “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh teman–teman panitia yang telah sudi menyumbangkan keringatnya demi mendukung kesuksesan acara haflah pada malam hari ini”. Dia juga membeber alasan ditiadakannya lomba. Menurutnya, hal itu karena terlalu dekatnya Haflah Madrasa Diniyah dengan Haflah Madrasah Annuqayah (HIMA 2009).
Pada acara tersebut panitia menghadirkan penceramah kondang dari Sampang, yaitu K. Huri Muslim. Beliau memberikan pencerahan kepada seluruh santri yang hadir pada acara tersebut. Salah satu pesan yang beliau tekankan adalah bahwa ilmu yang bermanfaat itu sangat dibutuhkan.
“Betapa pentingnya ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kita nanti, karena kita akan berhadapan dengan masyarakat,” tutur beliau.
Beliau juga menghimbau agar santri menjaga akhlaknya, terutama akhlak kepada guru dan orang yang lebih tua. Karena, menurut beliau, akhlak adalah cerminan perilaku kita sehari-hari.
Setelah ceramah selesai, dilanjutkan dengan penobatan siswa teladan Madrasah Diniyah. Salah satu siswa teladan, M. Wahidi, dikonfirmasi setelah acara penobatan selesai, mengatakan, bahwa dirinya merasa bahagia dengan apa yang didapat saat ini. “Saya sangat bahagia karena usaha yang selama ini saya lakukan telah membuahkan hasil”.
Acara haflah ini berkhir pada jam 12:30 WIB dan diakhiri dengan pembagian hadiah lomba Keadministrasian dan Mading serta Organisasi Daerah terbaik di PPA Lubangsa.

Tidak ada komentar: