Minggu, Januari 11, 2009

Ujian Madrasah Diniyah Latee Digelar Kamis Mendatang

Ahmad Al Matin, PPA Latee

GULUK-GULUK—Ujian Madrasah Diniyah PPA Latee tahun ini mungkin akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya ujian yang akan dilaksanakan pada Kamis (15/1) mendatang akan bersamaan dengan hari-hari terakhir ujian sekolah formal. Karena itu, banyak santri yang merasa keberatan dengan akan dilaksanakannya ujian pada hari itu. Menurut mereka, jika pelaksanaan ujian dilaksanakan pada hari kamis depan, maka itu akan sangat mengganggu konsentrasi mereka yang ingin mereka fokuskan pada ujian sekolah formal.
“Kalau ujian Diniyah dilaksanakan Kamis depan, saya merasa tidak siap, karena ujian di sekolah saya, MA 1 Annuqayah, akan berakhir pada hari Sabtu (17/1),” ungkap Homaidi, salah satu santri Latee yang juga menjadi siswa MA 1 Annuqayah.
Hal senada diungkapkan Luqman Yasir, salah satu siswa SMA 1 Annuqayah. “Mungkin bagi saya jika ujian dilaksanakan pada hari Kamis tidak terlalu mengganggu soalnya ujian di SMA selesai pada hari Kamis, tapi saya cuma kasihan pada teman-teman yang ujian sekolah formalnya masih belum selesai,” komentarnya.
Sedang menurut Ustadz Athw Busthami, Kepala Madrasah Diniyah, keputusan tentang waktu pelaksanaan ujian Diniyah tersebut bukanlah dari dirinya sendiri melainkan hasil rapat dengan pengurus yang lain. “Pelaksanaan ujian Madrasah Diniyah bukan semata-mata dari saya sendiri tapi hasil rapat dengan ketua pengurus Latee dan Koordinator Keamanaan. Kami memutuskan seperti itu sebagai antisipasi agar santri yang sudah selesai ujian seperti MTs dan MAT tidak pulang. Tentang mereka yang masih belum selesai ujian, saya juga kasihan, tapi mau bagaimana lagi, wong itu sudah keputusan rapat. Lagipula ujian yang belum selesai kan cuma MA 1, sedangkan SMA berakhir pada hari kamis,” tuturnya.

Tidak ada komentar: