Kamis, Januari 22, 2009

Hilangkan Penat dengan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)


Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK—Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Kira-kira slogan itulah yang menjadi salah satu latar dari dilaksanakannya Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) kemarin (21/09) di PPA Nirmala. Senam Kebugaran Jasmani ini, yang merupakan salah satu kegiatan dalam Pekan Monitoring, diupayakan diselenggarakan agar agenda Pekan Monitoring berjalan seefektif mungkin.
Senam yang terdiri dari gerakan-gerakan teratur yang diiringi dengan alunan musik agresif-responsif ternyata mempunyai beberapa manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Pertama, dapat mengencangkan otot-otot yang kaku; kedua, bisa menjaga badan agar tetap sehat, karena senam juga merupakan bagian dari olahraga; ketiga membantu memperlancar sirkulasi darah.
Pengurus Kepramukaan, PMR dan Olahraga (P20) PPA Nirmala, Moh. Ishak, mengatakan bahwa kalau Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) diikuti dengan serius, maka itu bukan hanya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh saja, akan tetapi juga berpengaruh pada aspek psikis yaitu dapat menyegarkan otak, karena di dalam senam ada gerakan-gerakan teratur yang diawali dengan pemanasan, gerakan inti, dan yang terakhir adalah pendinginan. Hal senada juga disampaikan oleh A. Fadali, ketua pengurus PPA. Nirmala. Menurutnya senam berfungsi untuk menghilangkan rasa penat dan capek santri yang selama seminggu belajar dan beraktivitas. “Senam Pramuka di Nirmala sudah sangat dikenal di kalangan santri, sehingga sulit rasanya ditinggalkan. Bahkan senam bisa dikatakan menjadi ciri khas pondok ini,” tambahnya.
Moh. Munaji, salah seorang santri yang sekarang aktif di kegiatan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 0761, mengatakan bahwa senam pramuka yang dipopulerkan oleh Kwartir Nasional Pramuka itu menjadi menu wajib lomba di setiap perkemahan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi. “Menurut saya, selain senam itu menarik dan asyik, juga memang materi yang harus kami kuasai di dalam kegiatan pramuka,” kata santri yang lahir pada 19 Desember 1990 ini.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Pasti ini NIrmala..... aduuuuuuuuuuh kengennya....

ketabahan hati mengatakan...

ayo goyang... duyung...
seperti projeck pop
munculkan...munculkan...keringatmu

ketabahan hati mengatakan...

Ikh...! bau keringatnya sampai ke sini, angkat tangannya jangan tinggi-tinggi dong!
sih! bindhereh lotek...
ha..ha..ha..
siap berdiri yang tegak
siap kita ambil jarak