Rabu, Juli 01, 2009

Haflah Akhirussanah al-Dirasi Darul Lughah Latee

Faza Bina Al-Aliem, PPA Latee

Jum’at (19/6) kemarin, Darul Lughah (DL), asrama Bahasa Arab PPA Latee, menyelenggarakan Haflah Akhirussanah al-Dirasi. Acara yang bertempat di Mushalla Latee tersebut diawali dengan aneka lomba sejak beberapa hari sebelumnya.
Acara ini dilaksanakan pada pukul 19:30 WIB. dengan Muhadir Drs. K.H. A. Hanif Hasan. Dalam ceramahnya yang singkat, beliau menyampaikan cara bagaimana gampang berbahasa Arab. “Maaf, saya tidak bisa menyampaikan ceramah ini dengan Bahasa Arab. Tapi, saya termasuk salah satu pecinta Bahasa Arab, sekalipun saya guru Bahasa Inggris. Saya selalu menghimbau siswa bagaimana bisa menumbuhkan kecintaan terhadap Bahasa Arab. Saya juga memaksakan diri menyisihkan uang untuk membeli parabola agar bisa mendengarkan siaran langsung dari channel Arab, seperti Al-Jazirah, Al-Manar, dlsb. Tapi, sekarang tinggal cintanya saja, saya belum bisa berbahasa Arab.”
”Kalau ingin cepat mahir berbahasa Arab, perbanyaklah membaca bacaan-bacaan Arab, Majalah Arab, kitab turats, dlsb. Belajarlah dengan metode yang benar. Dengan metode yang bagus dan dalam waktu yang relatif singkat, hanya dengan enam bulan, tentara Amerika bisa berbahasa Arab. Lalu, bagaimana dengan kita yang setiap hari membaca al-Qur’an belum juga bisa berbahasa Arab?” tanya beliau.
Acara ini ditutup dengan pemberian hadiah kepada peserta lomba yang menjadi juara.

Tidak ada komentar: