Kamis, Juli 02, 2009

HIMA 2009 Resmi Dibuka

Fandrik Hs Putra, PPA Lubangsa

Ribuan santri dari berbagai daerah di PP Annuqayah berduyun-duyun memadati Masjid Jamik Annuqayah pada hari Senin (29/06) kemarin. Mereka datang untuk mengikuti acara pembukaan Haflatul Imtihan Madrasah Annuqayah 2009 (HIMA ’09) yang dilangsungkan pada malam hari, tepatnya pukul 20.00 WIB.
Malam itu, K.H. Ahmad Hazim, S.Sos. selaku ketua panitia HIMA’09, menjelaskan beberapa hal tentang HIMA’09, antara lain struktur kepanitian dan lomba-lomba yang akan digelar.
“Kami menyiapkan 65 panitia untuk menyukseskan acara ini dari awal sampai akhir. Saya berharap kepada seluruh santri untuk berpartisipasi dalam lomba-lomba yang telah kami sediakan,” tuturnya.
Pembukaan HIMA’09 yang pada tahun ini disponsori oleh Bank BPRS Sumenep itu dibuka langsung oleh Drs. K.H. A. Warits Ilyas, salah satu anggota Dewan Masyayikh PP Annuqayah, setelah beliau memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau sempat menyinggung asal mula lahirnya HIMA di PP Annuqayah. Menurut beliau perayaan HIMA ini adalah hasil dari tradisi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, tempat K.H. Khazin Ilyas dulu mondok. Sehingga, setelah keluar dari pesantren tersebut, beliau kembali ke kampung halamannya (Annuqayah) pada tahun 1933 dan mentradisikannya di lingkungan Pesantren Annuqayah.
“Dulu, Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang adalah satu-satunya madrasah di Indonesia yang merayakan Haflatul Imtihan,” ungkapnya.
Pada kesempatan itu beliau juga menyinggung santri atau siswa kelas akhir yang ingin berhenti mondok sebelum perayaan Haflatil Imtihan. Beliau mengatakan jika santri yang berhenti mondok sebelum perayaan HIMA, maka tidaklah sempurna mondoknya santri tersebut.
“Saya sudah katakan bahwa santri yang berhenti mondok sebelum HIMA, maka tidak sempurna mondoknya. HIMA ini adalah semacam tasyakkuran siswa kelas akhir. Kalau acaranya ditinggalkan, siapa yang mau mengikutinya?” tambahnya lagi.
Setelah acara itu resmi dibuka, panitia mengajak semua santri untuk bersama-sama membaca Surat Yasin dan tahlilan yang dipimpin oleh Drs. K.H. M. Syafi’ie Anshori dengan harapan perayaan HIMA’09 tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Tidak ada komentar: