Sabtu, Juli 18, 2009

Workshop Web Design BPM-PPA


Subaidi, Sekretariat PP Annuqayah

Selasa-Rabu (14-15/07), BPM-PPA (Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah) mengadakan workshop web design dan sistem informasi BPM PPA. Kegiatan yang dikoordinatori oleh Ach. Sunandar ini bertempat di kantor BPM-PPA, dengan memanfaatkan 3 buah komputer yang biasa dipakai sehari-hari.
Kegiatan yang merupakan bagian program kemitraan dengan Yayasan Kehati Jakarta ini, difasilitasi oleh Tim IT dari ITS (Institute Tekhnologi Surabaya) sebagai trainer. Tim dari ITS berjumlah 6 orang, Dr. Agus Zainal Arifin, S,Kom, M.Kom, sebagai koordinator trainer, dan dibantu oleh Nurvan Indra Praja, S. Kom, Hudan Studiawan, S. Kom, Moh Yasin, Muh Nur Yasin, dan Abdul Wafi sebagai asisten trainer.
Sebenarnya, fokus kegiatan ini hanya untuk intern Pengurus BPM PPA, namun melihat materi kegiatan ini sangat bermanfaat, maka beberap orang dari luar pengurus BPM PPA pun diundang sebagai peserta. Mereka adalah Muhammad Afnan, guru TIK SMA 1 Annuqayah, Subaidi Guru TIK MTs 1 Annuqayah Putra, Abdurrahman Staf STIK Annuqayah, dan Fahmi Staf PP Annuqayah.
Pak Agus, panggilan akrab Dosen yang pernah belajar di Jepang ini, dalam sesi pembukaan mengatakan, digitalisasi khazanah kekayaan keilmuan berbasis database, merupakan cara modern untuk melestarikan dan menyebarkan manfaat kekayaan itu kepada masyarakat. Apalagi ilmu yang tersurat itu hanya 20%, sementara 80%-nya merupakan ilmu yang tersirat (tacit knowlegde). Jadi workshop kali ini adalah untuk memantik yang 80% tersebut.
Menurut penanggung jawab program ini, Ach. Sunandar, secara khusus, tujuan kegiatan ini, pertama, untuk membangun sistem informasi BPM-PPA. Sehingga informasi dan koordinasi antar elemen di BPM PPA tidak berbasis kertas lagi, melainkan terkomputerisasi. Baik dalam internal BPM sendiri, atau dengan mitra BPM lainnya. Seperti KSM (kelompok swadaya masyarakat), lsm, dan lain sebagainya. Kedua, untuk membuat web BPM PPA.
Ketika ditanya mengenai manfaat kegiatan ini, Muhammad Afnan, peserta dari SMA Annuqayah ini mengatakan, “sangat bermanfaat, apalagi ke depan, kita tidak dapat mengelak lagi dengan sistem informasi seperti ini, namun dua hari workshop tidak cukup, jika tujuannya untuk membuat website, apalagi ditambah dengan sistem databasenya itu”
“Kegiatan ini akan ada tindak lanjutnya sampai BPM PPA benar-benar merengkuh mimpinya untuk memiliki website,” demikian tandas Sunandar.

Tidak ada komentar: