Kamis, Juli 02, 2009

Lama Berlibur, Santri tak Terkendali

Faza Bina Al-Aliem, PPA Latee

Usai ujian madrasah formal dan diniyah, santri PPA Latee tak punya kegiatan yang pasti. Pada hari liburnya mereka meluangkan waktu dengan santai, main game di rental dan kegiatan lain yang tak begitu penting.
Banyak santri yang nekad pulang setiap hari. Bahkan, ada yang berani pulang lebih dari satu minggu tanpa melalui prosedur resmi dari keamanan (kamtib). “Saya berani pulang karena beberapa hal. Pertama, di sini saya nggak ada kegiatan. Kedua, orang tua saya bilang, kalau memang nggak ada kegiatan, pulang saja. Di pondok cuma habisin uang. Ketiga, sekarang 'kan masa transisi (pergantian pengurus baru). Kamtib nggak begitu memperhatikan. Lagi pula, nggak cuma saya yang pulang,” ujar salah satu santri yang tak ingin disebut namanya.
Tak cuma itu, santri yang masih berada di pondok mulai tak terkendali. Jam olahraga yang hanya tiga hari menjadi setiap hari. Saat shalawat dikumandangkan biasanya mereka sudah menuju ke musolla. Sekarang mereka malah asyik mandi. Pukul 03.30 WIB. seharusnya santri sudah bangun tidur, tapi sekarang pukul 04.00 WIB. mereka baru bangun.
“Kita tidak boleh memojokkan santri saja, kalau pengurusnya tegas, tak akan seperti ini jadinya.”

Tidak ada komentar: