Senin, Juli 27, 2009

IKSAJ Adakan Konferensi Akbar

Fandrik Hs Putra, PPA Lubangsa

Ikatan Santri Annuqayah Jawa (IKSAJ) kemarin mengadakan Konferensi Akbar yang dilangsungkan selama dua hari (24-25/07). Konferensi itu dibagi dalam tiga pertemuan, yaitu sidang pleno I yang bergulir pada jum’at siang pukul 14.00 s/d 16.30 WIB untuk mengesahkan tata tertib, sidang pleno II mengesahkan tatib pemilihan ketua Dewan Mustasyar (Dewan Kehormatan) dan ketua Dewan Syuriah (Dewan Penasehat) sekaligus pemilihannya yang berlangsung pada jum’at malam pukul 19.30 s/d 22.00 WIB, dan sidang pleno III yang isinya mengesahkan tatib pemilihan ketua dan wakil ketua Dewan Tanfidziah (Dewan Pengurus) sekaligus pemilihan umum pada malam Ahad pukul 20.00 s/d 22.20 WIB.
Acara yang ditempatkan di ruangan MTs 1 Annuqayah yang dihadiri oleh 43 peserta itu berjalan dengan tertib dan lancar, baik dari awal sampai akhir acara. "Karena kami bekerja sama dan sama kerja,” ungkap Luthfi Afif Az-Zainuri, ketua panitia Konferensi Akbar itu.
Pada sidang pleno I, ketika pengesahan tatib sidang Konferensi Akbar dibacakan, para peserta aktif dalam menyuarakan pendapatnya. Sidang pleno II adalah pengesahan dan pemilihan ketua Dewan Mustasyar dan ketua Dewan Syuriah. Suasana tak jauh beda dari sidang pleno I. Pada kesempatan itu yang terpilih sebagai ketua Dewan Mustasyar adalah Helmi A Kholili yang pada tahun lalu menjabat sebagai sekretaris Dewan Syuriah dan ketua Dewan Syuriah adalah Fandrik HS Putra yang pada tahun lalu menjabat sebagai anggota Dewan Syuriah.
“Saya ucapkan selamat pada ketua Dewan Mustasyar dan Dewan Syuriah baru yang sudah terpilih. Semoga bisa membimbing kader IKSAJ ke depan agar lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini adalah sebuah tanggung jawab yang besar,” ungkap Abd Wasik, ketua Dewan Syuriah lama ketika serah terima jabatan kepada ketua Dewan Syuriah baru.
Sidang pleno III, pimpinan sidang sudah diambil alih oleh ketua Dewan Syuriah yang baru terpilih, Fandrik HS Putra. Sidang pleno yang terakhir ini adalah sidang pleno yang paling ditunggu-tunggu oleh semua peserta. Sebab, pada sidang inilah diadakan pemilihan ketua dan wakil ketua Dewan Tanfidzi baru yang akan memimpin IKSAJ ke depan dalam satu periode (2009-2010).
Pemilihan yang berlangsung secara Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber) itu diawali dengan pemilihan bakal calon (balon) yang akan lolos menjadi calon. Ada enam orang yang masuk keriteria pemilihan balon yaitu Umar Faruq, Rifqiyatussholihin, Khairul Umam (Sa’ong), Ustum Ali Wafa, Ulil Ansor, dan Luthfi Afif Az-Zainuri. Dan yang lolos pada pemilihan calon adalah Ulil Ansor dari Sukokerto, Jember, dan Luthfi Afif Az-Zainuri dari Antirogo, Jember .
Sebelum pemilihan dilangsungkan, panitia memberikan kesempatan kepada Juru Kampanye (Jurkam) dari masing-masing calon untuk berorasi di depan pemilih. Suasana berlangsung ramai ketika orasi berlangsung. Mereka saling mendukung para kandidat calon yang terpilih. Dan akhirnya, Luthfi Afif Az-Zainuri yang keluar sebagai ketua dengan perolehan surat suara yang mutlak yaitu 34 suara dan Ulil Ansor sebagai wakil ketua dengan 9 suara.
“Terima kasih atas semuanya yang telah memberikan kepercayaan pada saya sebagai ketua IKSAJ masa bhakti 2009-2010 M. Sebenarnya dalam hal kepemimpinan saya masih minim jam terbang dan masih perlu arahan dan bimbingan dari para senior IKSAJ. Semoga dalam kepemimpinan saya IKSAJ akan terus berkembang maju dan berjaya. Bukan hanya dari segi kuantitas melainkan kualitas,” ungkapnya ketika memberikan sambutan pada seremoni penutupan konferensi akbar itu.

Tidak ada komentar: