Minggu, Mei 30, 2010

Bangkitkan Minat Baca Masyarakat Madura Melalui FCB


Hairul Anam al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Sabtu pagi (29/5) kemarin, pembukaan Festival Cinta Buku (FCB) II digelar. Acara yang digagas dan diprakarsai pengurus BEM dan DPM STIK Annuqayah ini merupakan langkah lebih lanjut dari FCB I yang dilaksanakan tiga tahun sebelumnya (2007).

Sebagaimana FCB I, acara ini akan dilangsungkan selama seminggu, mulai tanggal 29 Mei hingga berakhir nanti pada hari Jumat tanggal 4 Juni 2010.

Norkholiq, Ketua DPM, dalam sambutannya menyatakan bahwa salah satu yang melatarbelakangi diselenggarakannya FCB II ini ialah dalam rangka membangun solidaritas yang tinggi di internal kepengurusan Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) STIK Annuqayah.

“Itulah alasannya mengapa kepanitiaan pada acara FCB II ini tidak hanya berasal dari DPM atau BEM STIK Annuqayah saja. Melainkan keduanya bekerja sama,” kata mahasiswa PAI semester akhir itu. Lebih dari itu, lanjutnya, yang menjadi alasan utama sebenarnya ialah untuk membangkitkan minat baca masyarakat Madura.

“Kita mungkin masih teringat dengan pernyataan Rektor IAIN Surabaya, Nur Syam, sewaktu mengisi kuliah umum di STIK Annuqayah ini beberapa bulan yang lalu. Beliau merasa miris menyaksikan minat baca masyarakat Madura yang amat memilukan. Dengan diselenggarakannnya acara FCB II ini, kami berharap minat baca masyarakat Madura bisa bangkit dan tidak roboh kembali,” paparnya secara detail.

Hal senada juga disampaikan Presiden Mahasiswa (Presma) BEM STIK Annuqayah, Khairul Umam, usai sambutan Norkholiq. Dia menjelaskan bahwa misi utama dari dilaksanakannya FCB II ini tiada lain guna menghidupkan kembali minat baca masyarakat Sumenep khususnya dan Madura pada umumnya.

“Untuk melahirkan kesadaran membaca di kalangan masyarakat Madura tentu bukanlah tugas yang ringan. Namun begitu, seberat apa pun tugas itu haruslah tetap dijalani oleh kita selaku mahasiswa yang telah lama dikenal sebagai agen perubahan,” kata Umam yang disambut dengan gemuruh tepuk tangan para hadirin.

Secara terpisah, Faishol Amin, ketua Panitia, berujar bahwa ada beberapa format acara yang akan mewarnai perjalanan FCB II tersebut. Seperti, seminar kelautan, seminar pertanian, bazar buku, dan beragam lomba yang terbuka untuk diikuti oleh masyarakat Madura.

“Format acara tersebut sudah kami rumuskan sekitar satu bulan lalu. Untuk yang lomba terdapat lima jenis lomba: baca puisi, menulis cerpen, kliping koran, nasyid islami, dan resensi buku. Dan pamlet lomba ini sudah kami sebar ke berbagai kabupaten di Madura tiga minggu yang lalu. Syukurlah, banyak yang meresponsnya secara positif,” tuturnya di ruang sekretariat panitia.

Tidak ada komentar: