Selasa, Mei 11, 2010

Pelatihan Quantum Teaching Akhiri Program MQIP-SF


Ach. Fannani Fudlaly R, PPA Lubangsa

Guluk-Guluk—Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri bersama Sampoerna Foundation mengadakan acara Pelatihan Quantum Teaching melalui program MQIP-PSF Jakarta (Madrasah Quality Improvement Program-Putera Sampoerna Foundation). Kegiatan yang berupaya meningkatkan mutu guru dalam mengajar tersebut digelar selama tiga hari, yakni, Rabu-Jum’at, 5-6 Mei 2010 bertempat di lantai dua Aula Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para guru Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri serta sejumlah guru delegasi dari berbagai sekolah tingkat SLTA sederajat di Annuqayah. Pemateri kegiatan tersebut Aries Setiawan, alumnus Universitas Brawijaya.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan para guru tidak membuat siswa bosan dalam menghadapi pelajaran. Siswa dapat merasa senang dan tidak bosan dalam belajar,” kata Amir Ma’ruf, Program Officer MQIP-SF.

Dalam kegiatan tersebut, para guru diberikan metode mengajar yang dapat membuat para peserta didik tidak bosan, santai dalam menghadapi pelajaran serta dapat memecah suasana beku dan membangkitkan kembali fokus yang mulai hilang pada diri anak didik dalam proses belajar-mengajar.

Kerja sama yang dijalin antara Sampoerna Foundation dengan PP Annuqayah sejak tahun 2007 ini memang lebih menekankan pada pengembangan mutu guru dibandingkan program yang langsung mengarah pada siswa, karena peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran.

“Guru lebih lama berada dalam lingkungan pendidikan dibanding dengan murid. Kalau murid ketika sudah berhenti dari sekolah ya sudah. Kalau guru bisa menularkan apa yang telah diperoleh kepada murid-muridnya yang baru,” jawab Amir Ma’ruf ketika ditanya kenapa lebih ditekankan pada mutu guru.

Pelatihan ini adalah acara terakhir yang diadakan Sampoerna Foundation dengan Annuqayah dalam program MQIP-SF. “Ini mungkin yang terakhir,” imbuhnya lagi.

Tidak ada komentar: