Minggu, Februari 26, 2012

Santri Annuqayah Sabet Empat Piala di Paiton

Umarul Faruq, PPA Latee

Walaupun diutus dari lembaga yang tidak sama, santri Annuqayah bisa dikatakan berjaya di tingkat Jawa Timur. Empat piala sekaligus dibawa pulang santri Annuqayah dari kegiatan Festival Bahasa (Arab-Inggris) se-Jawa Timur yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) PP Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Kegiatan ini berlangsung sejak 20 Februari 2012 dan berakhir tanggal 24 Februari 2012.

Ada dua macam lomba yang diselenggarakan dalam festival ini, yaitu pidato dan debat. Lomba pidato terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu tingkat SLTP dan SLTA. Sedangkan lomba debat hanya untuk tingkat SLTA saja. Masing-masing lomba terdiri dari dua jenis cabang, yaitu bahasa Arab dan Inggris.

Peserta berasal dari berbagai lembaga pendidikan di seluruh Jawa Timur, baik yang ada di pondok pesantren maupun yang bukan. Utusan dari Annuqayah terdiri dari 20 orang peserta dengan 7 orang ofisial. Rinciannya: 6 orang utusan MA Tahfidh Annuqayah dengan 1 ofisial, 5 orang utusan Markaz al-Lughah al-Arabiyah Annuqayah dengan 3 ofisial, 5 orang utusan MA 1 Annuqayah Putra dengan 2 ofisial, dan 4 orang utusan MTs. 1 Annuqayah dengan 1 ofisial.

Cabang lomba debat bahasa Arab dari Annuqayah dikuti oleh tiga tim, tapi hanya satu yang berhasil masuk ke babak final, yaitu tim yang diutus MA Tahfidh Annuqayah. Sementara dalam lomba pidato bahasa Arab tingkat SLTA, seluruh peserta dari Annuqayah berhasil masuk ke babak final, sehingga dari total sepuluh finalis, lima di antaranya adalah utusan Annuqayah. Sedangkan untuk lomba pidato bahasa Arab tingkat SLTP hanya satu orang yang tidak masuk final dan untuk lomba pidato bahasa Inggris, hanya satu peserta tingkat SLTA yang berhasil masuk sebagai finalis yang juga merupakan satu-satunya utusan Annuqayah di cabang lomba pidato bahasa Inggris tingkat SLTA.

Namun dari semua finalis utusan Annuqayah, hanya enam finalis yang berhasil merebut gelar juara, yaitu: Ach. Fauzi, juara 1 pidato bahasa Arab tingkat SLTA utusan MA Tahfidh Annuqayah; Moh. Ainur Ridha, juara 2 pidato bahasa Arab tingkat SLTP utusan MTs. 1 Annuqayah; Moh. Amirullah juara 3 pidato bahasa Arab utusan Markaz al-Lughah al-Arabiyah, dan satu tim utusan MA Tahfidh Annuqayah sebagai juara 2 debat bahasa Arab yang terdiri dari Moh. Lutfi, Musyfiqur Rahman, dan A. Munawwir.

“Prestasi ini patut disyukuri. Itu artinya perjuangan kita selama ini tidak sia-sia,” ujar Umarul Faruq, ofisial dari MA Tahfidh Annuqayah ketika melihat ada salah satu peserta dari Annuqayah menangis karena terharu. Dia juga menyampaikan bahwa latihan persiapan untuk lomba ini sudah lebih dari tiga minggu.

“Menariknya, walau diutus dari lembaga yang berbeda dan bakal menjadi lawan ketika lomba, mereka tetap kompak latihan bersama. Tidak tampak bahwa mereka sebenarnya rival,” katanya sambil memuji-muji kekompakan mereka. “Mungkin” lanjutnya, “hal itu karena latar belakang mereka yang sama, yaitu sama-sama santri Darul Lughah”.

Ibnu Hajar, ofisial dari Markaz al-Lughah, juga ikut mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, kita tidak pulang dengan tangan kosong,” katanya saat rombongan dari Annuqayah sedang berkemas-kemas untuk pulang. Dia sendiri saat itu sedang sibuk menghubungi bus yang akan menjemput rombongan Annuqayah. Sementara itu, peserta lain yang belum berhasil meraih juara mulai berlomba-lomba menodong para juara agar selamatan.

Tidak ada komentar: