Jumat, Februari 03, 2012

Perpustakaan Lubangsa Diresmikan


Fandrik HS Putra, PPA Lubangsa

Guluk-Guluk—Selasa malam (31/01) kemarin, pengurus PPA daerah Lubangsa divisi Kepustakaan Pers dan Penerbitan (KP2) melaksanakan acara peresmian Perpustakaan Lubangsa. Acara itu ditempatkan di ruang perpustakaan Lubangsa, yakni di kawasan blok F bagian paling utara.

Acara peresmian perpustakaan Lubangsa ini hanya melibatkan sebagian pengurus PPA Lubangsa, yakni pengurus harian dan seluruh ketua divisi dan wakil ketua divisi yang semuanya berjumlah 26 orang.

Sejatinya, menurut Roziq Aminullah, pengurus KP2 yang sekaligus ketua perpustakaan, peresmian Perpustakaan Lubangsa itu akan ditempatkan di lapangan blok F, melibatkan semua pengurus dan santri agar lebih semarak.

“KP2 juga merencanakan nonton film bersama untuk acara peresmian. Namun, rencana itu urung dilakukan mengingat anggaran dana yang dikeluarkan tidak sedikit. Dan anggaran perpustakaan yang ada sangat terbatas,” ungkapnya.

Selain itu, KP2 sebenarnya berencana untuk bekerja sama dengan pengurus divisi Pendidikan, Penalaran, dan Pengembangan Keilmuan (P2PK), dengan bersama-sama melaksanakan peresmian gedung Biro Pengembangan Bahasa Asing (BPBA) yang juga masih belum diresmikan. Tetapi, program kerja P2PK yang padat membuat kerjasama itu juga urung dilaksanakan.

“Oleh karena itu kami membuat format acara sesederhana mungkin. Dalam peresmian itu, acaranya berupa sambutan ketua perpustakaan, sambutan sekaligus peresmian oleh ketua pengurus, dan pembacaan surat yasin bersama,” tambah pengurus asal Desa Cempaka, Kecamatan Pasongsongan itu.

Pengurus perpustakaan akan membuka pendaftaran anggota setelah liburan maulid nabi dan langsung mengoperasikan perpustakaan. Untuk sementara, perpustakaan hanya melayani santri Lubangsa.

“Kalau santri di luar Lubangsa masih kami tangguhkan. Maklum, perpustakaan ini kan masih baru berdiri. Kalau sudah banyak perkembangan, kami akan memperluas keanggotaan,” jelasnya.
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

PON. PES. ANNUQAYAH DAERAH AL AMIR, MULAI HARI SELASA, 02 S/D0 8 MARET 2012 MEMBUKA PENDAFTARAN DIKLAT KILAT BACA KITAB ARAB TEPAT (BaKAT) YANG AKAN DILAKSANAKAN MULAI HARI RABU, 10 MARET 2012 SELAMA DUA BULAN, 3 (TIGA) KALI PERTEMUAN DALAM SEPEKAN. DI ANTARA SYARATNYA ADALAH PESERTA KELAS II ATAU III MTs ATAU KELAS I ATAU II MA. BILA BERMINAT, SILAKAN DATANG KE AL AMIR UNTUK MENGISI FORMULIR PENDAFTARAN. UANG PENDAFTARAN HANYA 25 RIBU SAJA. PEMBUKAAN DILAKSANAKAN TANGGAL 10 MARET, SEMUA PESERTA WAJIB HADIR UNTUK MENGAMBIL JADWAL SEKALIGUS AKAN DI ADAKAN PENGKLASIFIKASIAN, BILA PESERTA MELEBIHI DARI 25 ORANG. METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN DALAM DIKLAT INI MENGUTAMAKAN PADA PRAKTIK DARI PADA TEORITIK. TEORI HANYA DISAMPAIKAN DALAM WAKTU TERBATAS SAJA. REFERENSI POKOK/WAJIB ADALAH KITAB MANZILAH DAN KITAB FATHUL QORIEB. INSYA ALLAH DALAM WAKTU 24 KALI TATAP MUKA DIHARAPKAN PESERTA BISA MEMBACA, MEMAHAMI DAN HAFAL TERHADAP KAIDAH-KAIDAH NAHWIYAH DAN SHORFIYAH. METODE PEMBELAJARAN INI BERNAMA METODE " SAE " (SISTEMATIS, APLIKATIF DAN EVISIEN). MARI IKUTI PROGRAM INI, MUMPUNG ADA KESEMPATAN DAN BELUM TERLAMBAT. TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA.

TAMBAHAN, BILA ADA DI ANTARA SISWA ATAU SISWI YANG INGIN TAHU MENULIS KALIMAT-KALIMAT ARAB YANG BENAR DAN SESUAI DENGAN KAIDAHNYA, PENGURUS AL AMIR INSYA ALLAH SIAP MELAYANI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.

PENGUMUMAN INI DISAMPAIKAN ATAS PERSETUJUAN DRS. KH. MUHAMMAD MUHSIN AMIR, PENGASUH PON PES. ANNUQAYAH DAERAH AL AMIR SEKALIGUS KEPALA MA I ANNUQAYAH PUTRI. SYUKRON !