Jumat, Februari 24, 2012

Jama’ah Lubangsa Rayakan Maulid Nabi


Fandrik HS Putra, PPA Lubangsa

Guluk-Guluk—Senin malam kemarin (20/02), pengurus Jam’iyyah al-Thalabah li Madrasah al-Diniyyah Baramij al-Tarbiyyah wa al-Ta’lim (biasa disingkat “Jama’ah”, yakni semacam OSIS di sekolah) PPA Lubangsa merayakan peringatan maulid Nabi Muhammad saw. bertempat di ruang kelas X-5 MA 1 Annuqayah.

Acara tersebut dihadiri oleh dewan guru Madrasah Diniyah Baramij al-Tarbiyyah wa al-Ta’lim (MDBTT), pengurus maslahah (semacam DPS di sekolah), dan delegasi siswa. Dari 16 kelas yang ada baik tingkat wustho dan ‘ula, masing-masing mendelegasikan siswa sebanyak 2 orang.

Format acara terbilang sederhana: pembacaan shalawat nabi, sambutan ketua Jamaah dan ketua MDBTT, dan ceramah keagamaan. Adapun yang mengisi ceramah adalah Rofik Suja’, santri senior PPA Lubangsa Selatan yang saat ini juga menjadi salah satu dosen di Instika.

M. Ali Wafi AM, sekretaris panitia, mengatakan, ada dua hal yang menjadi landasan pelaksanaan peringatan maulid nabi ini. Pertama, sebagai umat Islam sudah selayaknya memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Kedua, perayaan hari-hari besar Islam, termasuk maulid nabi, sudah menjadi salah satu agenda program kegiatan Jamaah.

“Kami sangat bersyukur bisa ikut serta merayakan hari kelahiran beliau (Nabi Muhammad saw.). Apa yang telah kami lakukan semata hanya untuk memupuk rasa cinta selaku umatnya,” ungkapnya.

Bila melihat daftar undangan, seharusnya yang hadir bisa lebih dari 40 orang. Akan tetapi yang menghadiri acara tersebut hanya 27 orang.

“Mungkin karena acara ini bertepatan dengan kegiatan rutin organisasi daerah (orda). Di samping itu, di saat yang sama orda Iksaputra juga merayakan acara maulid nabi,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, orda Ikatan Santri Pantai Utara (Iksaputra), salah satu orda yang memiliki anggota terbanyak di PPA Lubangsa, juga turut merayakan maulid Nabi Muhammad saw. bertempat di desa Kebbunan, kecamatan Kota, Sumenep.

Tidak ada komentar: