Sabtu, Desember 17, 2011

MA 1 Annuqayah Putra Siap-siap Laksanakan Ujian Semester

M. Kamil Akhyari, PPA Latee

Menjelang berakhirnya kegiatan belajar mengajar semester gasal, Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putra, Guluk-Guluk Sumenep, siap-siap melaksanakan evaluasi belajar mengajar semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Rabu (14/12) siang, panitia pelaksana ujian semester gasal menggelar rapat teknis persiapan pelaksanaan evaluasi belajar bersama pengawas, di ruang audio visual.

Pertemuan ini dihadiri unsur pimpinan MA 1 Annuqayah Putra yakni, Kepala MA 1 Annuqayah Putra, K. Muhammad 'Ali Fikri, S.Ag, Wakil Kepala Madrasah bidang Sarana Prasarana sekaligus Ketua Panitia ujian, Subaidi, S.Ag, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan sekaligus Koordinator pengawas ujian, Khairul Iskandar, S.Pd. Sedangkan Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Ahmad Bahrur Rozi, M. Hum, berhalangan hadir.

Kepala sekolah dalam sambutannya meminta agar hasil evaluasi belajar mengajar benar-benar valid dan bukan nilai palsu. Memperketat pengawasan pelaksanaan ujian adalah sistem yang turut mendukung terhadap validitas hasil belajar siswa.

“Pengawas adalah tulang punggung evaluasi belajar,” tutur K. Muhammad 'Ali Fikri di hadapan pengawas.

Selain itu, ia banyak menyinggung pelaksanaan evaluasi belajar mengajar tahun 2010/2011 yang banyak terjadi pelanggaran. Seperti, siswa membawa catatan ke dalam ruang ujian dan menyontek kepada temannya. K. Fikri, sapaan akrabnya, meminta agar temuan-temuan pelanggaran tersebut tidak terulang kembali pada ujian semester kali ini.

Setelah sambutan Kepala Madrasah, rapat dilanjutkan dengan pembahasan tata tertib peserta ujian yang dipimpin Ketua Panitia.

Untuk diketahui, teknis pelaksanaan ujian kali ini tidak banyak mengalami perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, ketua panitia yang biasanya dijabat Wakamad bagian kurikulum untuk kali ini tidak lagi. Pertimbangan tugas ganda yang cenderung melalaikan tugas bagian kurikulum menjadi pertimbangan pimpinan madrasah.

Ujian yang akan berlangsung mulai hari Ahad 18 Desember-Rabu 28 Desember 2011 itu akan diikuti 568 siswa. Rinciannya, 212 siswa kelas X, 188 siswa kelas XI, dan 168 siswa kelas XII. Peserta ujian kali ini akan menempati 14 ruangan.


Tidak ada komentar: