Senin, Desember 05, 2011

Ikatan Santri Pamekasan-Sampang Gelar Optik


Hairul Anam Al-Yumna, PPA Latee

Santri yang tergabung dalam Ikatan Santri Pamekasan-Sampang (Iksapansa) PP Annuqayah Lubangsa menggelar kegiatan yang amat penting, Kamis-Jumat (1-2/12). Kegiatan tersebut bernama Orientasi Pemuda Teladan Iksapansa (Optik).

Untuk menjaring anggota baru serta mengenalkan Iksapansa kepada para santri merupakan tujuan utama Optik yang ditempatkan di gedung kelas 3A MTS 1 Annuqayah, Sumenep itu.  Ada 21 orang yang ikut.

“Di samping dapat mengenal Iksapansa lebih jauh, diharapkan pula peserta mengerti atau memahami dasar-dasar keorganisasian,” kata ketua Iksapansa masa bakti 2011-2012, Hasbullah, saat diwawancarai Jumat (2/12) sore.

Untuk mewujudkan harapan ketua organisasi yang didirikan pada 3 November 1992 itu, maka panitia menyediakan 3 materi yang diberikan kepada peserta: Selayang Pandang Sejarah Iksapansa, Pemantapan Keorganisasian, dan Pengantar Leadership.

Selayang pandang sejarah Iksapansa disampaikan oleh Yusri Fath selaku santri yang paling senior di Iksapansa. Sedangkan materi pemantapan keorganisasian disampaikan oleh Wakil Presiden Mahasiswa Instika, Mahbubul Huda. Adapun materi pengantar leadership (kepemimpinan) diisi oleh mantan ketua lembaga pers mahasiswa Instika, Hairul Anam.

Sebelum ketiga materi itu dilangsungkan, peserta diberi suguhan tema berjudul “Optik sebagai Medium Menambah Wawasan Keorganisasian”. Pembedahnya ialah organisator andalan PP Annuqayah, Readi Sahen.

Menurut ketua panitia, Hodraini, kegiatan tersebut diperkirakan menghabiskan dana berkisar Rp 350 ribu.

“Sumber dana Iksapansa selama ini ialah melalui iuran peserta, sewa fasilitas Iksapansa semisal dekor dan sound system. Sehingga, kami tidak kerepotan tiap kali melaksanakan acara atau kegiatan semacam Optik ini,” ungkap Hodraini.

Penutupan kegiatan Optik pada Jumat (2/12) malam berlangsung khidmat.

“Pelaksaan kegiatan ini berjalan lancar. Hanya ada satu kendala penyaji di materi Pemantapan Keorganisasian,” ujar salah satu pengurus senior Iksapansa, Fahrur Rozi saat diwawancarai di depan masjid Jami’ Annuqayah.

Awalnya, lanjut Rozi, direncanakan yang menjadi pemateri adalah Sekretaris Umum PK PMII Guluk-Guluk Sumenep, Imam Abdurrahman. Karena sedang berhalangan, ia pun digantikan kepada Wakil Presma Instika, Mahbubul Huda.

Tidak ada komentar: