Kamis, Oktober 28, 2010

Tingkatkan Spiritualitas Santri Melalui Halaqah

Siti Khairiyah, PPA Lubangsa Putri

Guluk-Guluk—Senin malam kemarin (25/10), tepatnya pukul 20.24 WIB, pembimbing halaqah yang terdiri dari pengurus PPA Lubangsa Putri menyebar ke seluruh kamar yang ada di Lubangsa Putri guna silaturrahiem pertama antara pembimbing halaqah dengan anak yang dibimbing untuk kepengurusan periode 2010-2011.

“Halaqah ini betujuan untuk meningkatkan spiritualitas santri dan juga upaya perbaikan akhlak santri,” ungkap Saidatul Mardliyah, koordinator Bimbingan dan Pengembangan Keislamam (BPK) ketika memberikan breafing kepada pembimbing halaqah sebelum diberangkatkan dari kantor pesantren menuju kamar yang menjadi tanggungan masing-masing.

Rasyifatul Ma’rifah selaku sekertaris juga mengingatkan bahwa sesuai dengan yang telah disampaikan ketua pengurus PPA Lubri, Ummu Salamah, pada rapat pleno I tanggal 1 Oktober lalu, target utama kepengurusan tahun ini adalah pemaksimalan halaqah.

Pada silaturrahmi pertama tersebut ada tiga poin yang disampaikan oleh pembimbing halaqah. Tiga poin tersebut merupakan program jangka pendek 2 bulan yang meliputi November-Desember. Poin pertama adalah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), poin kedua adalah muru’ah (menjaga sikap), poin ketiga adalah tatacara menyikapi najis.

Untuk efisiensi halaqah ini, BPK, selaku pemilik program halaqah menyediakan buku absen pembimbing halaqah di setiap kamar. Absensi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kontrol yang dilakukan oleh pembimbing. Khusus pembimbing halaqah, evaluasi dilaksanakan tiap 2 bulan oleh pengurus BPK.

Tidak ada komentar: