Jumat, Februari 26, 2010

Memperingati Maulid Nabi Tak Harus Meriah


Ach. Fannani Fudlaly R., PPA Lubangsa

Memperingati hari besar Islam memang tidak harus serba meriah. Cukup dengan bermodal keinginan dan semangat, pasti acara akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Seperti yang dilakukan oleh pengurus PP Annuqayah Lubangsa (PPAL), Kamis malam (25/02) kemarin. Dengan hanya bermodal pengumuman kepada seluruh santri, akhirnya acara shalawatan sebagai peringatan maulid pun digelar meskipun hanya dengan pembacaan shalawat bersama serta keadaan serba sederhana yang bertempat di Masjid Jamik Annuqayah.

Acara ini adalah hasil dari bincang-bincang santai antara pengurus harian PPA Lubangsa dengan pengurus peribadatan dan kepesantrenan (PK). “Sebenarnya ini adalah inisiatif pengurus harian, kemudian dimusyawarahkan dengan pengurus PK, dan ternyata mereka mengamini untuk mengadakan acara yang sangat sederhana ini,” tutur Ali Wafa, S. Pd. I.,ketua pengurus PPA Lubangsa.

Acara yang dihelat setelah jama’ah shalat Isya’ ini mendapat respons positif dari kalangan santri dan pengurus yang lain. Tampak para pengurus PPA Lubangsa yang turut hadir berjejer di depan para santri yang khusyuk membaca shalawat.

“Ini mungkin pertama kalinya yang saya ikuti sejak ada di Annuqayah, karena yang saya tahu sejak kemarin tidak ada acara shalawatan seperti ini. Mungkin juga ini sebagai ganti dari liburan,” ungkap Abd. Wahed Ghufran, salah satu santri lubangsa.

Tak hanya itu, para santri terlihat sangat semangat dalam mengikuti acara shalawatan ini. Terbukti dengan lantangnya suara yang dilantunkan oleh para santri Lubangsa hingga terdengar sampai PPA Latee yang berjarak sekitar 100 meter dari PPA Lubangsa. “Lantunan shalawat yang dilantunkan oleh para santri Lubangsa terdengar sampai ke sini,” tutur Febriansyah, santri PPA Latee.

Selain itu, dalam waktu dekat pengurus PPAL juga akan mengadakan acara peringatan maulid Nabi dengan meriah. “Insya Allah dalam waktu pekan ini kami juga akan mengadakan peringatan maulid Nabi lain yang lebih meriah. Bedanya, nanti akan ada mau‘izhah hasanah dalam acara tersebut,” kata ketua pengurus PPA. Lubangsa.

1 komentar:

partelon mengatakan...

اللهم صل و سلم و بارك على سيدنا محمد وعلى آله و صحبه أجمعين