Rabu, Februari 24, 2010

Jelang UN, MAT Mulai Adakan Try-Out

Ach. Fannani Fudlaly R., PPA Lubangsa

GULUK-GULUK—Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), yaitu tanggal 22-26 Maret, Madrasah Aliyah Tahfidh Annuqayah (MATA) mulai melaksanakan try-out untuk para siswa kelas akhir. Try-out ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami pelajaran, sehingga hasil dari try-out ini bisa dijadikan tolok ukur sejauh mana siswa kelas akhir dapat menyelesaikan soal-soal UN.

Dalam try-out yang dilaksanakan 23-25 Februari bertempat di ruang kelas XII MAT ini, diharapkan semua siswa bisa mengikutinya dengan sungguh-sungguh serta cermat agar ketika pelaksanaan UN mereka dapat menyelesaikan soal-soal dengan baik dan benar.

“Kalian harus mengerjakannya dengan baik, kerena paling tidak soal try-out ini akan membantu kalian dalam menyelesaikan soal ujian nasional nanti,” ujar Abdurrahman Ali, staf pengajar di MAT ketika memberi penjelasan tentang cara pengisian lembar jawaban.

Dia juga mengimbau kepada seluruh siswa kelas akhir agar soal-soal try-out kali ini dipelajari di pondok masing-masing, karena mungkin soal tersebut akan muncul dalam UN. “Meskipun tak semua, saya yakin salah satu dari soal try-out ini akan muncul di UN nanti, karena memang ini materi yang kalian pelajari selama ini,” imbuhnya sambil menunjukkan soal try-out.

Hal itu mendapat respons positif dari para siswa. Tak terkecuali A. Rusliyanto (18), siswa asal sumenep ini mengaku sangat senang dengan persiapan pihak sekolah. Menurutnya, hanya MAT yang pertama kali mengadakan tryout ini. Sekolah formal sederajat yang lain yang ada di lingkungan Annuqayah belum melaksanakan.

“Ini termasuk persiapan awal pihak sekolah, karena MAT paling duluan mengadakan try-out ini. Saya lihat sekolah lain sederajat di Annuqayah masih belum mengadakan try-out,” jawabnya ketika ditanya tanggapannya.

Tak hanya itu, pihak sekolah juga akan mengadakan bimbingan khusus (Bimsus) untuk para siswa kelas akhirnya dalam pekan ini. “Bukan hanya ini, sebentar lagi kami akan mengadakan bimbingan khusus agar siswa lebih merasa tenang dalam menghadapi UN. Insya Allah dalam pekan ini bimsus sudah dapat dimulai,” jelas Abdul Basid, S. Th, I. selaku Waka Kesiswaan MAT.

Tidak ada komentar: