Selasa, Februari 21, 2012

Lubangsa Putri Rayakan Maulid Nabi

Nur Faizah, PPA Lubangsa Putri

Guluk-Guluk—Jumat pagi kemarin (17/2), PPA Lubangsa Putri menyelenggarakan perayaan Maulid Nabi Muhammad saw. Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh pengurus seksi Bimbingan dan Pengembangan Keislaman (BPK). Acara yang melibatkan seluruh santri PPA Lubangsa Putri ini dimulai pukul 05.45 WIB setelah tadarus al-Quran bersama ba’da shalat subuh dan usai pada pukul 06.25 WIB.

Bertempat di lapangan PPA Lubangsa Putri, acara ini dikemas dalam bentuk pembacaan shalawat bersama oleh klub shalawat PPA Lubangsa Putri. Santri mengikuti acara ini dengan khidmat dan khusyuk.

Menurut Saidatul Mardhiyah, koordinator pengurus seksi BPK, acara ini sengaja dilaksanakan pada hari Jumat karena hari itu adalah hari paling baik di antara hari-hari yang lain. Ia juga mengharapkan agar santri dapat mengikuti pembacaan shalawat ini dengan khusyuk.

Rencana semula, acara ini akan diisi pembacaan shalawat dan mau‘izhah hasanah tentang hikmah maulid Nabi oleh pengasuh PPA Lubangsa, Drs. KH Abdul Warits Ilyas. Namun karena beliau berhalangan akhirnya acara hanya dicukupkan dengan pembacaan shalawat. Sebagian santri merasa kecewa dengan gagalnya mau‘izhah hasanah yang akan disampaikan oleh pengasuh.

“Sayang ya, bapak kiai nggak bisa, padahal saya pengen banget dapat nasihat dan tausiyah dari beliau,” keluh Uswah, mahasiswa semester akhir, ketika salah seorang pengurus seksi BPK mengumumkan ketidakhadiran pengasuh.

Untuk melengkapi perayaan Maulid yang sederhana ini, seksi BPK mewajibkan kepada seluruh santri untuk mengumpulkan makanan ringan seharga Rp. 1000,-. Makanan ringan itu sebagian dibagikan kembali kepada santri dan sebagiannya lagi disedekahkan kepada anak-anak kecil di sekitar PPA Lubangsa Putri. Namun, sebelumnya seksi BPK meminta kesediaan dan keikhlasan para santri untuk menyedekahkan sebagian makanan ringan yang telah dikumpulkan. Sementara seluruh pengurus diwajibkan untuk mengumpulkan uang paling sedikit Rp. 1000,-. Setelah uang terkumpul, hasilnya dibelikan buah-buahan untuk dibagikan secara merata kepada seluruh santri dan pengurus.

Tidak ada komentar: