Kamis, Februari 02, 2012

Ikstida Siapkan Kader Militan


Nur Faizah, PPA Lubangsa Putri

Guluk-Guluk—Ikatan Keluarga Santri Timur Daya (Ikstida) PPA Lubangsa Putri Divisi I Pelatihan dan Kaderisasi untuk yang kedua kalinya menyelenggarakan kegiatan berupa pelatihan yang diberi nama Pelatihan Kader Militan (PKM). Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 28 Januari 2012 di aula kampus II Instika Putri. Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh koordinator pengurus seksi Pembinaan dan Pengembangan Organisasi (P2O) PPA Lubangsa, Siti Khairiyah, ini dimulai pada pukul 14.15 WIB dan berakhir pada hari Senin 30 Januari 2012.

Dalam sambutannya, Siti Khairiyah yang akrab disapa Cihuy mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat berbuah kesuksesan, dan hal ini ditandai dengan kemajuan Ikstida ke depan. Hal ini senada dengan pernyataan ketua panitia PKM, Zuwaibatul Islamiyah, bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini adalah membangkitkan militansi yang tertanam dalam jiwa anggota Ikstida yang dapat membawa Ikstida pada kematangan organisasi sebagai organisasi daerah tertua di Lubangsa Putri.

“Kami mengharapkan dengan lahirnya kader-kader militan di Ikstida, Ikstida tidak hanya besar secara kuantitas keanggotaan namun juga kualitas organisasi,” tegasnya.

Pembukaan acara ini juga dimeriahkan oleh alunan suara Paduan Suara Ikstida (Parada) yang menyanyikan Mars Annuqayah dan Mars Ikstida. Panitia juga menghadirkan K. A. Maimun Syamsuddin sebagai penyaji pada stadium general yang bertemakan “Militansi Kader Menuju Ikstida Bersatu”, dengan Siti Romlah Ahsan sebagai moderator.

“Berorganisasi merupakan kesempatan untuk learn to know, learn to understand dan learn to live together. Maka berarti berorganisasi adalah belajar menghargai orang lain. Orang yang masih suka mengintimidasi dan tidak menghargai orang lain berarti prosesnya belum berhasil dalam organisasi,” ungkap dosen Instika ini dengan mantap.

Kegiatan yang dihadiri oleh 25 orang peserta ini pada hari pertama tidak hanya menyajikan materi stadium general, namun juga berlanjut pada sesi pertama yakni materi rencana strategis dan analisis SWOT yang difasilitasi oleh Abu Sofyan, S. Pd. I.  Sementara pada hari kedua dilanjutkan dengan materi analisis program kerja yang dipandu langsung oleh K.H. Moh. Husnan A. Nafi’, S.Ag dan manajemen organisasi oleh K. Muhammad ‘Ali Fikri yang saat ini memangku jabatan sebagai Kepala Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putra. Sedangkan hari ketiga adalah pelatihan kepemimpinan yang difasilitasi oleh Luthfiyah Syaf, serta sistem kaderisasi dan wilayah gerakan Ikstida yang dipandu oleh mantan ketua Ikstida masa bakti 2009-2010 yakni Qurratul Aini yang saat ini menjabat sebagai ketua pengurus PPA Lubangsa Putri.

Nurul Alfiyah Kurniawati selaku ketua umum Ikstida mengungkapkan rasa senangnya karena acara ini berlangsung dengan lancar meskipun pembukaan sedikit molor dari waktu yang direncanakan.

“Alhamdulilah, kami seneng banget dan tetap semangat walaupun peserta yang hadir ini hanya 25 orang. Seharusnya ada 42 orang. Kami sengaja tidak melibatkan seluruh anggota Ikstida karena peserta dari pelatihan ini adalah anggota pilihan yang diharapkan militansinya serta dapat menularkan militansi tersebut pada anggota yang lain,” pungkas dara asal Batuputih ini.

Tidak ada komentar: