Senin, Oktober 31, 2011

Lejitkan Semangat Pemuda dengan “Meraba Indonesia”


Fandrik HS Putra, PPA Lubangsa

Guluk-Guluk—Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Kamis malam kemarin (27/10), OSIS SMA 3 Annuqayah mengadakan pembacaan fragmen dan pemutaran film dokumenter Meraba Indonesia: Ekspedisi Gila Keliling Nusantara karya Ahmad Yunus. Acara ini diselenggarakan di halaman Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah.

Pemutaran film dokumenter yang banyak mengandung nilai-nilai kebangsaan itu diharapkan bisa melejitkan semangat pemuda Indonesia untuk mengenal lebih dekat dan mencintai NKRI.

“Sebagasi generasi muda, kita semestinya bisa menggali nilai-nilai kebangsaan dalam film itu, sehingga selaku pelajar bisa menghadapi dan menjawab tantangan zaman,” kata M. Mushthafa, kepala SMA 3 Annuqayah yang mengaku telah mendapatkan film dan buku itu pada awal bulan Ramadan lalu.

Sebelum pemutaran film dilakukan, Anisah, siswa kelas XI IPA SMA 3 Annuqayah, membacakan fragmen Meraba Indonesia: Ekspedisi Gila Keliling Nusantara sebagai “pengantar” sebelum pemutaran film.

Buku dan film dokumenter ini merupakan kisah dua orang wartawan, Ahmad Yunus dan Farid Gaban, yang selama setahun, sejak bulan juli 2009 sampai dengan juni 2010, bersepeda motor mengelilingi Nusantara. Dimulai dari Jakarta, mereka melakukan ekspedisinya. Dengan berkeliling Nusantara, dua wartawan freelance itu ingin mengenal lebih dekat dengan Indonesia dalam segala hal.


Ada dua poin penting yang bisa diambil dari film ini, yakni menakjubkan dan mencengangkan. Pertama, menakjubkan. Kita akan disuguhkan oleh kadaan alam nusantara yang begitu indah serta potensi alam yang luar biasa.

Kedua, mencengangkan. Kita juga akan disuguhkan oleh kondisi sosial bangsa Indonesia, dari berbagai suku, ras, dan agama, yang kehidupannya berbanding terbalik dengan kondisi alam yang ada. Potensi kekayaan alam yang dimiliki negara ini tidak bisa “menyejahterakan” penduduknya sendiri. Mereka berada dalam wilayah garis kemiskinan.

Sementara itu, di tempat terpisah namun di waktu yang sama sama, OSIS SMA Annuqayah juga mengadakan nonton film bersama untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Film yang dipilih adalah Tanah Air Beta yang juga mengandung nilai-nilai kebangsaan.

1 komentar:

M. Faizi mengatakan...

Selamat dan sukses. Ini ide yang bagus dan semoga SMA 3 Annuqayah bisa melaksanakan kegiatan berikut yang tak kalah gebyarnya.