Minggu, Desember 13, 2009

Pondok Khadim Pengasuh Nirmala Dibobol Maling

Sumarwi, PPA Nirmala

GULUK-GULUK—Pondok khadim (pembantu) pengasuh K.H. A. Hamidi Hasan dibobol maling, Jum’at (12/12) siang kemarin. Pada saat kejadian, penghuni sedang tidak ada di pondok karena pergi ke masjid untuk menunaikan Shalat Jum’at.

Pondok yang terletak di sebelah utara Perpustakaan Nirmala ini memang agak rawan, karena selain jauh dari keramaian juga dekat dengan jalan yang dilalui oleh khalayak umum. Keadaan sepi dan waktu yang sempit ini dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pencuri untuk melancarkan aksinya.

Edi Susianto (24), salah seorang penghuni pondok, baru menyadari bahwa kamarnya dimasuki maling setelah dia pulang dari masjid melihat isi lemarinya acak-acakan. Dia juga sempat memeriksa kamar sebelahnya. Ternyata lemari milik Sudiono, teman yang tinggal di sebelah timur pondoknya, terbuka lebar. Tanpa pikir panjang dia langsung memberi tahu Sudiono.

Setelah Sudiono mengecek seluruh isi lemarinya, celana jeans dan casing handphone miliknya raib dibawa kabur maling. “Beruntung tadi saya tidak meninggalkan HP dan dompet saya di sini. Tapi anehnya sabuk yang melekat pada celana saya itu tidak dibawa,” tuturnya terheran-heran.

“Tadi sebelum berangkat ke masjid, perasaan saya memang tidak enak. Rencananya HP saya mau dicas, tetapi saya khawatir banget untuk meninggalkan HP saya di kamar ini. Akhirnya saya bawa meskipun sak baju penuh dengan barang-barang,” tambahnya.

Menurut seorang saksi mata, Khairul Mubarik (25), salah seorang penjaga toko ABC (Annuqayah Bussines Center), dia melihat seoarang laki-laki duduk dengan santai di sebelah barat pondok khadim, padahal di masjid sudah dikumandangkan iqamah.

“Raut wajahnya kusam dan kumuh. Dia memakai jaket biru, kopiah nasional dan bersarung,” aku Mubarik yang kebetuan lewat di situ dengan terburu-buru menuju Pondok Nirmala.

“Saya ingat betul orangnya, tetapi kayaknya dia bukan santri dan tetangga dekat daerah sekitar di sini,” tambahnya.

Sementara ini yang bisa dilakukan oleh Sudiono hanya berusaha mencari informasi lebih lanjut tentang kemungkinan pelaku pencurian barang-barangnya.

3 komentar:

Muhammad Qudsi mengatakan...

Namanya maling, ya ga shalat Jum'at.

M Mushthafa mengatakan...

Annuqayah ga punya semacam Kabareskrim ya.. Sebenarnya asyik jika di akhir tahun ada rilis ttg data semacam pencurian di wilayah pesantren..

M. Faizi mengatakan...

baru dengar saya. betul kata "MyQuds2u", meskipun shalat jumat, tapi ya mungkin tidak benar-benar shalat.