Rabu, Mei 08, 2013

IAA Surabaya Adakan Bedah Buku



Ahmad Al Matin, alumnus PPA Latee, mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya

Surabaya – Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Daerah Surabaya menggelar kegiatan Bedah Buku dan Book Fair 2013 pada Rabu (24/4) kemarin. Buku yang dibedah berjudul Sekolah dalam Himpitan Google dan Bimbel Karya M. Mushthafa, salah satu putra Annuqayah yang juga alumnus Utrecht University, Belanda, dan NTNU, Trondheim, Norwegia.

Acara tersebut bertempat di Auditorium Kopertais Wilayah IV Surabaya di kompleks IAIN Sunan Ampel Surabaya pada jam 08.30-13.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan LPM Solidaritas IAIN Sunan Ampel, Penerbit LKiS Yogyakarta, dan Pena Pesantren Surabaya. Peserta dalam kegiatan tersebut bersifat umum yang dihadiri dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, dosen, ikatan alumni pondok pesantren yang ada di Surabaya, dan juga anggota IAA Surabaya sendiri beserta para undangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu para Dewan Penasihat IAA Surabaya sekaligus Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Abd. A’la, M.Ag, para senior IAA Surabaya, Nur Khalis, Ach. Tirmidzi, dan Marlaf Sucipto, dan Ikatan Alumni Annuqayah dari luar Surabaya yaitu IAA Daerah Istimewa Yogyakarta dan IAA Malang.

Menurut ketua panitia acara bedah buku, A. Wajid Muntaqa, kegiatan ini merupakan program pengurus harian yang bertujuan untuk menambah wawasan keilmuan anggota dan pengurus IAA Daerah Surabaya sesuai dengan visi dan misinya melalui bentuk bedah buku.

“Selain itu juga, acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antara anggota IAA Surabaya, dengan para senior, penasihat seperti Prof. A’la dan juga pihak Annuqayah sendiri. Makanya kami menghadirkan penulis buku yang ‘oreng dhelem’ Annuqayah sendiri, biar sekali jalan langsung beberapa tujuan terlaksana,” terang Wajid saat ditemui di sela-sela acara berlangsung.

Hal senada juga disampaikan oleh Rahmat dalam sambutan ketua IAA Daerah Surabaya. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan sebuah media keilmuan untuk memperoleh informasi tentang dunia pendidikan yang selama ini sudah mulai menjauh dari tujuan dan visi-misi pendidikan itu sendiri.

“Tujuan lain dari acara ini adalah sebagai media silaturrahim dan diskusi keilmuan baik dengan para putra Annuqayah maupun dengan organisasi-organisasi intra atau ekstra kampus yang ada di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya,” papar Rahmat dalam sambutannya.

Pembicara pada acara tersebut adalah oleh M. Mushthafa selaku penulis buku, dan Akh. Muzakki, Ketua LP Ma’arif Jawa Timur dan dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, yang menjadi pembanding. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan sharing bersama tentang IAA Daerah Surabaya ke depannya antara para senior IAA Surabaya dengan para pengurus IAA Surabaya, dan juga utusan Ikatan Alumni Annuqayah dari luar Surabaya.

1 komentar:

Ikatan Alumni Annuqayah Daerah Surabaya mengatakan...

Berita ini juga kami post di blog IAA Surabaya, di http://iaa-surabaya.blogspot.com