Senin, April 29, 2013

FTT 2013 (Bagian 1): Awal Perjuangan untuk Menjadi yang Terbaik

Umarul Faruq, PPA Latee

Setelah menempuh perjalanan selama 13 jam dari stasiun Pasar Turi Surabaya, akhirnya kami sampai di stasiun Pasar Senen Jakarta tepat pukul 04.00 WIB pagi. Kebetulan waktu itu secara tidak sengaja saya bertemu dengan salah seorang teman lama, Samsul Zakaria, mahasiswa UII Yogyakarta yang dulu pernah menjadi juara ketiga lomba debat bahasa Arab di MTQMN 2011 di Makassar.

Dialah yang membawa kami ke sebuah masjid di sebelah barat stasiun Pasar Senen. Kami pun tidak perlu bingung harus tinggal di mana selama menunggu jemputan dari panitia yang dijadwalkan tiba pukul 08.00 WIB.

Setelah menunggu agak lama, akhirnya bus penjemput dari UI tiba di Pasar Senen pada pukul 09.00 WIB, satu jam lebih lambat dari yang dijadwalkan. Kami pun berangkat ke UI bersama kontingen lain yang datang pada waktu yang nyaris bersamaan. Di dalam bus kami bersama dengan kontingen dari STAIN Purwokerto, UII Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan beberapa kontingen lainnya. Kami pun sempat ngobrol di sepanjang perjalanan.

Kira-kira 50 menit kemudian, kami tiba di Wisma Makara, Depok, tempat kami akan menginap selama berlangsungnya acara. Setelah semua persyaratan administrasi kami serahkan, kami diantar ke kamar yang telah disediakan. Ada empat kamar yang menjadi tempat kami menginap, dua kamar di lantai 1, satu kamar di lantai 3 dan satu kamar lagi di lantai 4. Kami pun merebahkan diri istirahat dari rasa penat dan lelah selama perjalanan.

Keesokan harinya, Senin (15/4) sekitar pukul 09.00 WIB acara perdana dari rangkaian lomba FTT 2013 dilaksanakan, yaitu technical meeting. Technical Meeting ini dilaksanakan di auditorium perpustakaan UI. Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara yang berjuluk “The Crystal of Knowledge” ini memiliki luas 30.000 meter persegi dan terdiri dari delapan lantai. Acara technical meeting lomba FTT 2013 diletakkan di lantai 6.

Bus yang membawa kami dari Asrama tiba di lokasi acara sekitar 20 menit sebelum acara dimulai. Sementara panitia bersiap-siap di lantai 6, kami perwakilan dari masing-masing kontingen saling berkenalan di lobi lantai 1. Kami duduk di sofa yang telah tersedia sambil berbincang-bincang tentang perguruan tinggi masing-masing.

Pukul 09.00 WIB acara technical meeting dimulai. Acara berlangsung selama kurang lebih 6 jam dipotong ishoma sekitar 45 menit. Pada acara technical meeting inilah para perwakilan kontingen mengambil nomor urut tampil peserta, menyetorkan naskah lomba, dan mengambil mosi untuk lomba debat.

Acara technical meeting selesai kira-kira pukul 3 sore. Setelah itu para peserta pulang ke kamar masing-masing untuk mempersiapkan lomba keesokan harinya.

Tidak ada komentar: