Jumat, Juni 04, 2010

683 Santri Memilih Calon Ketua Pengurus Latee


Hairul Anam al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Jum’at (4/6) pagi ini, sekitar pukul 05.00 WIB, Panitia Khusus (Pansus) Musyawarah Besar 2010 Latee berkumpul di kantor pesantren. Mereka mempersiapkan pemilihan calon ketua pengurus.

“Sebagaimana kesepakatan sebelumnya, pagi ini kita harus langsung siap bergerak menyongsong pelaksanaan pemilihan calon ketua pengurus Latee,” tegas Abd. Kholiq, ketua Pansus. Sedangkan persiapan lainnya, lanjut Kholiq, sudah siap sebelumnya.

Matangnya persiapan Pansus tersebut berefek positif terhadap pelaksanaan pemilihan. Tepat pada pukul 05.30 WIB, sebagaimana tertera dalam tata tertib, pemilihan pun digelar. Tampak para santri bergerombol mendekati bilik suara yang disediakan Pansus.

Pesantren Latee terdiri dari delapan Rayon, yakni al-Bukhari, asy-Syatibi, asy-Syafi’i, al-Ghazali, al-Farisi, al-Qurthubi, Darul Lughah, dan Tahfidz. Di masing-masing rayon tersebut terdapat bilik suara tersendiri sehingga para santri tidak kesulitan dalam memilih.

Data yang ada menunjukkan bahwa pemilihan kali ini melibatkan 683 santri. Mereka tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui hasil musyawarah Rabu malam (2/6) sebelumnya.

“Awalnya, kami berencana untuk tidak melibatkan santri yang bermukim di rayon al-Farisi. Sebab, dari tingkat pendidikan mereka masih MTs. Tapi, atas beberapa pertimbangan akhirnya disepakati untuk melibatkan semua santri,” papar Kholiq secara mendetail.

Santri yang bakal ikut andil dalam pemilihan kali ini bisa dikata lebih banyak daripada tahun sebelumnya. “Kalau tahun kemarin, hanya 637 santri yang tercatat sebagai DPT,” ungkap Sama’uddin, mantan ketua Pansus tahun lalu yang kini tercatat sebagai kandidat ketua pengurus. Selain Sama'uddin, calon-calon yang lain adalah Abu Sairi, M. Athwi Busthami, Ahmad Dzaqiqi, dan Izzul Muttaqin.

Pemilihan pagi ini akan menyaring kelima kandidat tersebut sebagai calon ketua pengurus Latee. Tiga suara terbanyak akan bersaing dalam pemilihan ketua pengurus Latee 16 Juni mendatang.

Sampai berita ini ditulis, pansus dan pengurus Rayon masih sibuk memanggil secara bergantian para santri yang antre di dekat bilik suara.


Berita terkait:
>> Balon Ketua Pengurus Latee Ditetapkan

Tidak ada komentar: