Jumat, Juni 18, 2010

M Athwi Busthami Nakhkodai Latee


Hairul Anam al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Rabu malam (16/6) kemarin, pukul 19.30 WIB, Musyawarah Besar (Mubes) PPA Latee dilangsungkan di mushalla Latee. Hadir dalam acara tersebut seluruh Pengurus Rayon, Pusat, Majlis Pertimbangan Pengasuh (MPP), dan Dewan Pengasuh. Pengasuh Latee (KH Ahmad Basyir AS) tidak ikut andil dalam acara tahunan itu karena kondisi fisik beliau yang tidak memungkinkan. Sedangkan Dewan Pengasuh hanya dihadiri oleh Drs KH Abd Wadud Munir.

“Kami memaklumi ketidakhadiran para Dewan Pengasuh, mungkin dilatarbelakangi oleh kesibukan atau halangan lainnya. Yang pasti, surat undangan dari panitia sudah menyebar kepada mereka,” ujar Abd. Kholiq, ketua panitia, tatkala sambutan.

Karena pengasuh berhalangan hadir, maka yang memberikan sambutan sekaligus pengarahan dalam acara tersebut diwakilkan kepada Drs KH Abd Wadud Munir. Beliau memberikan arahan agar ke depan siapa pun ketua pengurus yang terpilih dapat mengatur Latee dengan baik, terutama dalam hal kebersihan dan pengembangan keilmuan santri.

“Itulah yang perlu diperhatikan secara serius oleh ketua terpilih nanti beserta pengurus lainnya,” tegasnya.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Mubes Latee ini diawali dengan Laporan Akhir Tahun (LAT) dari pengurus Harian kepada Dewan Pengasuh dan MPP. LAT inilah yang menyita waktu cukup alot. Sekitar satu jam lebih lamanya proses LAT berlangsung yang diwarnai dengan tanya jawab dan kritik membangun antara pengurus harian dengan Dewan Pengasuh dan MPP.

Seusai LAT, pemilihan pun digelar. Pemilihan ketua pengurus Latee masa khidmat 2010/2011 dikomando langsung oleh ketua Pansus, Abd Kholiq.

Seperti diperkirakan sebelumnya, pemilihan tersebut berlangsung cepat tanpa rintangan sedikit pun. Muaranya, M Athwi Busthami mendapatkan 27 suara, Sama’uddin 14, dan Abu Sairi 7. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah karena menyalahi aturan. Dari hasil tersebut, M Athwi Busthami dinyatakan terpilih sebagai ketua pengurus PPA Latee masa khidmat 2010/2011.

Patut disayangkan, terpilihnya M Athwi Busthami tanpa sepengetahuan dirinya. Dia tidak hadir dalam pemilihan tersebut karena mengurusi persiapan Haflatul Imtihan Diniyah Latee yang bakal dilaksanakan pada tanggal 23 Juni nanti.

Tepat pada pukul 22.45 WIB, acara diparipurnai dengan ramah tamah dan foto bersama antarpengurus. Meskipun sedikit menegangkan, Mubes 2010 ini berjalan sesuai harapan tanpa rintangan sedikit pun.

Tidak ada komentar: