Senin, Juni 28, 2010

Bekali Pengurus dalam Mengemban Amanah


Hairul Anam al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Jumat malam (24/6) kemarin, bertempat di mushalla Latee, pengurus harian Latee mengundang seluruh pengurus, baik pengurus pusat maupun pengurus rayon. Agenda dalam undangan tersebut ialah silaturrahim dan konsolidasi antarpengurus dengan menghadirkan ketua pengurus PP Annuqayah, KH A Hanif Hasan, guna memberikan taushiyah kepada para pengurus.

Acara yang dikemas cukup sederhana itu diikuti secara khidmat oleh segenap pengurus. Di awal penjelasannya, K Hanif menyatakan bahwa menjadi pengurus itu sama halnya dengan mendidik diri. Dari sini kemudian pengurus dituntut dewasa. Ia juga diharuskan untuk berhati-hati dalam bertutur dan bertingkah laku.

Namun begitu, lanjut K Hanif, pendewasaan diri masih belum cukup bila tidak ditopang dengan kekompakan antarpengurus. “Inti dari organisasi adalah kekompakan,” tegas beliau.

Selain itu, ada beberapa catatan penting yang dipaparkan beliau untuk para pengurus. Pertama, kesejahteraan santri harus ditangani secara optimal. Kesejahteraan dimaksud berupa tersedianya air tiap hari, kitab untuk pengajian, obat-obatan bagi santri yang sakit, dan sebagainya.

Kedua, kebersihan. Inilah yang menurut K Hanif selama ini di beberapa daerah di Annuqayah kurang ditangani secara maksimal. Beliau menyayangkan sekali ketika banyak sampah yang berserakan. Beliau menawarkan solusi kepada pengurus agar menindak santri yang buang sampah sembarangan.

Ketiga, kesehatan. Bagi K Hanif, kesehatan tidak kalah pentingnya dengan kebersihan. Keduanya merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipertentangkan. “Lingkungan sehat itu tercermin dari kebersihannya,” katanya singkat.

Keempat, pendidikan santri. Kaitannya dengan pendidikan, K Hanif menegaskan bahwa ini merupakan inti dari didirikannya pesantren. “Dengan pendidikanlah keimanan dan ketakwaan bisa dibentuk. Tanpa ada upaya mengoptimalkan pendidikan di pesantren, maka pesantren sama halnya dengan mati. Pendidikan adalah ruh dari pesantren,” paparnya detail.

Seusai K Hanif memberikan taushiyah, Sekretaris I Latee, Abd. Rahem, memberikan kesempatan seperempat jam kepada segenap pengurus untuk menyampaikan aspirasinya. Beberapa koordinator dari beberapa departemen tampil ke depan.

Ta’arruf antarpengurus menutup acara yang berakhir pada pukul 21.23 WIB itu.

Tidak ada komentar: