Sabtu, Juni 05, 2010

Sama’uddin Dominasi Perolehan Suara

Hairul Anam al-Yumna, PPA Latee

Guluk-Guluk—Semula, yang dipandang kuat dalam pemilihan calon ketua pengurus Latee adalah para sarjana, yaitu Abu Sairi, S.Pd.I dan M. Athwi Busthami, S.Pd.I. Tapi nyatanya penilaian tersebut keliru. Justru Sama’uddinlah, mahasiswa STIK Annuqayah semester akhir, yang mengantongi suara tertinggi.

“Ini membuktikan bahwa santri Latee betul-betul memilih calon ketua pengurus berdasarkan hati nuraninya. Bukan karena jabatan atau lainnya,” ujar Sudarmin Hamzah, S.H.I., Koord. Majlis Pertimbangan Pengurus (MPP) PPA Latee.

Dari rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan Pansus Jumat kemarin (4/6), Sama’uddin mendapatkan 205 suara. Menyusul kemudian Abu Sairi 119 suara, M. Athwi Busthami 77 suara, M. Izzul Muttaqien 36 suara, dan Ach. Dzaqiqi 30 suara. Sedangkan suara tidak sah mencapai 21 suara.

Herannya, suara yang tidak terpakai dalam pemilihan tersebut cukup tinggi, yakni mencapai 145 suara. Rinciannya: Rayon al-Bukhari 55, asy-Syathibi 14, al-Ghazali 13, al-Farisi 31, al-Qurthubi 6, Darul Lughah dan Tahfidz masing-masing 3. Hanya santri Rayon asy-Syafi’i saja yang kertas suaranya terpakai semua.

“Tahun kemarin juga begitu, lebih dari seratus santri yang golput. Rata-rata mereka adalah santri kelas akhir dan mahasiswa,” ungkap Abd. Kholiq, ketua Pansus yang tahun sebelumnya dipercaya sebagai sekretaris Pansus.

Namun, tambahnya, ketidakikutsertaan 145 santri masih kalah jauh dengan 538 santri yang terlibat langsung dalam pemilihan tersebut. “Santri yang peduli terhadap masa depan Latee masih lebih banyak ketimbang yang tidak peduli,” kata Kholiq dengan nada serius.

Masih menurut Kholiq, meskipun Sama’uddin mendominasi perolehan suara dalam pemilihan calon ketua, belum tentu dia yang akan menjadi ketua pengurus.

“Puncaknya ialah pada Musyawarah Besar tanggal 16 Juni nanti yang bakal melibatkan seluruh pengurus Rayon, pengurus Pusat, Dewan Pengasuh, dan Pengasuh,” tandasnya.

1 komentar:

Cinta Syahadah mengatakan...

benar-benar pemilihan yang bersih.. jauh (bahkan yakin - sangat tidak mungkin)ada money politic di dalamnya.. Selamat dan suskes untuk ketua terpipilih.. :)