Sabtu, Februari 28, 2009

OMIM Diniyah Latee Gelar Bahtsul Masail

Ahmad Al Matin, PPA Latee

GULUK-GULUK—Organisasi Murid Intra Madrasah (OMIM) Madrasah Diniyah Annuqayah Latee Jum’at (27/2) kemarin menggelar Bahtsul Masail untuk siswa kelas 3 sampai kelas 6 Ibtida’i. Acara yang cukup sederhana ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB.
Acara tersebut dihadiri oleh Ust Hasbullah dari Lubangsa Selatan sebagai Musahhih dan Ust Abd. Basit Mansur dari Latee sebagai Mubahis, dan membahas tentang pengertian sebenarnya dan hukum Inshat pada khotbah Shalat Jum’at.
“Tujuan kami mengadakan acara ini untuk mengkader santri dalam membaca kitab turats. Karena dalam beberapa kesempatan yang lalu ketika Latee mendapatkan surat permohonan Bahtsul Masail dan Lomba Baca Kitab Turats, yang diutus orang-orangnya tidak berubah dan paling banyak dua orang,” kata Kepala Madrasah Diniyah Athwi Bustami.
Acara ini pun ditanggapi serius oleh para santri. Salah satu yang berkomentar adalah Homaidi, siswa kelas V A Ibditda’i. Dia mengatakan bahwa dengan adanya acara ini dia bisa tahu secara lebih mendalam tentang hukum. “Acara ini memberikan tambahan ilmu bagi saya, terutama dalam hukum syariah, dengan acara ini pula teman-teman bisa belajar dan membongkar kitab untuk mencari referensi kerena tanpa adanya referensi dalam acara itu mereka tidak diperbolehkan berbicara,” tuturnya.
Hal senada disampaikan oleh Romaiki Hefni, siswa yang juga duduk di kelas VA Ibtida’i. Dia menyatakan sangat senang sekali dengan adanya acara ini. “Saya senang sekali Diniyah bisa mengadakan acara ini karena selain menambah pengetahuan hukum Islam, dari acara ini dapat diketahui siapa yang pintar dan senang baca kitab turats,” ungkapnya.

Tidak ada komentar: